Redesain Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Matriks Sembilan Sel Berbasis Sustainable Development Goals: studi pada usaha Bunda Yatim Istiqomah Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifudin, Syarifudin (2022) Redesain Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Matriks Sembilan Sel Berbasis Sustainable Development Goals: studi pada usaha Bunda Yatim Istiqomah Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syarifudin_02040320055.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT, matriks IFE dan EFE untuk analisis lingkungan usaha, dan matriks sembilan sel untuk memetakan posisi perusahaan. Data yang diperoleh dalam bentuk angka kemudian dianalisis secara kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan UBYS LAZDAU memperoleh hasil matriks IFE sebesar 2,946 dan matriks EFE 2,590 yang menyatakan bahwa posisi UBYS berada pada kuadran V. Model strategi pemasaran yang sesuai ialah hold and maintain strategy dengan mengaplikasikan market penetration. Adapun dalam menunjang pengembangan usahanya juga diperlukan desain kemitraan berbasis SDGs yang dapat dilakukan dengan berbagai pihak diantaranya BAZNAS, Pemerintah Kecamatan Sedati, Dinas Koperasi dan UKM, perguruan tinggi dan masyarakat sebagai donatur dan pemasok dalam hal bantuan sumber dana/modal, saluran distribusi, kerjasama program pelatihan SDM, pelatihan marketing online, tempat promosi hingga pendampingan bisnis. Saran pada penelitian ini, UBYS diharapkan mampu mandiri mencari info seputar bantuan modal dan kerjasama dalam pemasaran. Bagi LAZDAU, dapat lebih memperhatikan lagi terkait manajemen dan pemasaran UBYS. Instansi pemerintah juga diharapkan lebih mengembangkan program dengan menggandeng perguruan tinggi. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji ulang model dan desain yang telah dibuat dengan pakar/ahli dan memperluas metode serta objek penelitian di usaha bisnis lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifudin, Syarifudinudinsyarif1109@gmail.com02040320055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id197507032007012020
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Amil Zakat
Keywords: strategi pemasaran; analisis SWOT; IFE; EFE; sembilan sel; kemitraan; SDGs.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:34
Last Modified: 12 Aug 2022 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56018

Actions (login required)

View Item View Item