Analisis return dan risiko saham sebelum dan pada saat pandemi Covid-19: studi pada perusahaan sub-sektor makanan dan minuman dan perusahaan sub-sektor perangkat lunak dan jasa teknologi informasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Kuni Auliya (2022) Analisis return dan risiko saham sebelum dan pada saat pandemi Covid-19: studi pada perusahaan sub-sektor makanan dan minuman dan perusahaan sub-sektor perangkat lunak dan jasa teknologi informasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kuni Auliya Hamidah_G03218014 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan investor dalam aktivitas investasi adalah untuk mendapatkan return sebesar-besarnya dengan risiko tertentu. Besaran return dan risiko dipengaruhi oleh fluktuasi harga saham. Sub-sektor makanan dan minuman dan sub-sektor perangkat lunak dan jasa teknologi informasi menyediakan produk yang sangat dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari terlebih di masa pandemi Covid-19 sebab adanya perubahan pola perilaku masyarakat karena keterbatasan gerak manusia. Situasi dan kondisi tersebut bisa jadi mengandung informasi dan akan berpengaruh pada return dan risiko saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan return dan risiko saham antara sebelum dan pada saat pandemi Covid-19 pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman dan sub-sektor perangkat lunak dan jasa teknologi informasi yang terdaftar di BEI. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif menggunakan data sekunder dengan studi peristiwa sebagai grand theory dan metode analisis data uji beda T-test. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, menghimpun historis harga saham masing-masing perusahaan secara langsung melalui laman yahoo finance. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 21 perusahaan sub-sektor makanan dan minuman dan 4 perusahaan sub-sektor perangkat lunak dan jasa teknologi informasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian adalah terdapat perbedaan return saham sebelum dan pada saat pandemi covid-19 pada perusahaan sub-sektor makanan dan minuman. Pada perusahaan perangkat lunak dan jasa teknologi antara sebelum dan pada saat pandemi covid-19 pada variabel return tidak terdapat perbedaan sedangkan pada vriabel risiko terdapat perbedaan. Kemudian perbedaan rata-rata return saham sub-sektor makanan dan minuman lebih besar daripada sub-sektor perangkat lunak dan jasa teknologi informasi. Sedangkan untuk perbedaan rata-rata risiko, paling besar yaknni sub-sektor perangkat lunak dan jasa teknologi informasi. Bagi perusahaan sub-sektor perangkat lunak dan jasa teknologi informasi diharapkan memiliki prospek kinerja yang bagus agar fluktuasi harga saham tetap stabil. Hal tersebut tidak hanya mengurangi tingkat risiko namun juga menjadi sentimen positif di kalangan investor agar tetap mempertahankan kepemilikan saham maupun menarik investor baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Kuni Auliyakuniaulya@gmail.comG03218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Bursa Saham
Investasi
Manajemen
Keywords: Return dan risiko saham; covid-19; studi peristiwa; sub-sektor makanan dan minuman; sub-sektor perangkat lunak dan jasa teknologi informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Kuni Auliya Hamidah
Date Deposited: 21 Sep 2022 08:03
Last Modified: 21 Sep 2022 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56024

Actions (login required)

View Item View Item