Analisis komparatif strategi pemasaran syariah dalam mendistribusikan produk pada Nisrina Mart dan Sakinah Mart Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Libriyanti, Vanda Dwi (2022) Analisis komparatif strategi pemasaran syariah dalam mendistribusikan produk pada Nisrina Mart dan Sakinah Mart Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vanda Dwi Libriyanti_G94218229 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan zaman membuat pebisnis harus melakukan inovasi dan penyesuaian. Hal ini bertujuan supaya bisnis yang dijalankan tetap bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Inovasi yang dilakukan tidak hanya berfokus pada jenis produk, harga, keunikan produk namun strategi pemasaran juga harus diadaptasi untuk mendapatkan hasil atau penjualan yang maksimal. Dengan kemajuan zaman moralitas pasar harus tetap diperhatikan. Dalam strategi pemasaran syariah keadilan didalam pasar harus tercipta pada seluruh stakeholders dimana ini sejalan dengan konsep masqashid syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran syariah yang ada pada Nisrina Mart dan Sakinah Mart yang kemudian menganalisis adanya perbedaan atau tidak diantara strategei pemasaran syariah keduanya. Penelitian ini membahas mengenai strategi pemasaran syariah yakni bauran pemasaran 4P (produk, harga, tempat dan promosi) yang dilihat dari karakteristik Rabbaniyah, Akhlaqiyah, Waqi’iyah dan Insaniyah yang digunakan pada minimarket Nisrina Mart dan Sakinah Mart dimana selanjutnya akan dibandingkan antara kedua minimarket tersebut sehingga terlihat ada atau tidaknya perbedaan dalam strategi pemasaran syariah. Penelitian ini diangkat berdasarkan penelitian terdahulu yang mendapatkan hasil bahwa dalam strategi pemasaran syariah masih adanya kendala dari dalam (Internal Muslim Itu Sendiri). Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara kepada manajer/marketing, kepala toko, kasir/pramuniaga dan konsumen dimasing-masing minimarket. Selain wawancara pengumpulan sumber data juga di lakukan dengan observasi dan dokumentasi serta dari buku, skripsi, jurnal atau karya tulis ilmiah lainnya. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kedua minimarket yang didirikan oleh lembaga Islam telah menerapkan strategi pemasaran syariah dengan sebaik mungkin. Terutama pada bauran pemasaran produk, harga, tempat dan promosi yang dihubungkan dengan karakteristik Rabbaniyah, Akhlaqiyah, Waqi’iyah dan Insaniyah telah diterapkan kurang lebih sama diantara keduanya. Namun ada perbedaan disetiap bauran pemasaran diantara keduanya yang cukup menarik. Perbedaan ini ada pada produk yang dijual dan merk produk yang dijual. Pada harga terdapat perbedaan keuntungan dan penempatan potongan harga juga penjelasan potongan harga. Pada tempat perbedaan lokasi tempat dan fasilitas yang diberikan. Pada promosi adanya kegiatan sosial yang berdampak pada strategi pemasaran dimana ini hanya dilakukan pada salah satu minimarket yakni Nisrina Mart.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Libriyanti, Vanda Dwivandadwi1410@gmail.comG94218229
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.id2028128301
Subjects: Manajemen Strategi
Pemasaran
Keywords: Strategi Pemasaran Syariah; Nisrina Mart; Sakinah Mart
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Vanda Dwi Libriyanti
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:09
Last Modified: 07 Aug 2023 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56138

Actions (login required)

View Item View Item