أسلوب التصوير عن النبي فى سمط الدرر (دراسة بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozaq, Edo Zulfiqar (2022) أسلوب التصوير عن النبي فى سمط الدرر (دراسة بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edo Zulfiqar Rozaq_A71215056 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gaya Bahasa pelukisan tentang karakter nabi Muhammad SAW dikitab Simtud Duror Al-Habib Al-Imam Al-Allamah Ali bin Muhammad bin Husain Al-Habsyi dilahirkan pada hari Jum’at 24 Syawal 1221 H di Qasam, sebuah desa di kota Hadhramaut, Yaman. Beliau merupakan keturunan ke-33 dari Nabi Muhammad SAW. Banyak kitab-kitab yang dikarang oleh beliau, namun ada satu karya yang begitu masyhur, kitab maulid yang diberi nama Simth al-Duror atau yang dikenal dengan Maulid al-Habsyi. Kitab ini bertutur tentang sejarah hidup manusia nan agung dan puji-pujian terhadapnya, Nabi besar Muhammad SAW dalam bentuk syair dan bait-bait. Tashwir adalah salah satu uslub yang dipakai dalam karya beliau untuk mengungkapkan makna yang ada didalam pikiran, sehingga bisa dirasa dan dibayangkan, melukiskan pola-pola manusia serta karakter seseorang. Penelitian dilakukan dengan objek kitab maulid Simth al-Duror sebagai sumber data. Data yang digunakan adalah syiir dan nastr dan didalamnya terdapat uslub tashwirnya. Adapun Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter pengarang yang melukiskan bagaimana saat nabi Muhammad SAW lahir serta gaya bahasa yang digunakan untuk melukiskan nabi Muhammad SAW.Pembahasan dalam penelitian ini meliputi bagaimana gaya bahasa dalam penggambaran nabi Muhammad SAW yang ditulis oleh pengarang dalam kitab Simth al-Duror. Adapun dalam gaya bahasa penggambaran terdapat beberapa gaya bahasa yaitu tasybih, dan majas. Dalam majas terdapat dua pembahasan yaitu isti’aroh tashrihiyah dan iti’aroh makniyah. Untuk memenuhi jawaban dari permasalahn diatas, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data peneliti adalah kitab maulid Simth al-Duror dan ditambah sumber data sastra lainnya serta balaghah.Hasil dari penelitian ini terdapat 39 data yang meliputi 5 tasybih, 15 majas isti’aroh tashrihiyah dan 19 majas isti’aroh makniyah. Adapun hasil analisis dalam penelitian ini yaitu: 1. karakter nabi Muhammad SAW adalah seorang pembawa kabar gembira. 2. seorang yang lembut hatinya, dan memiliki perangai yang indah. 3. Sebagai pembuka kebaikan dalam atas karunia-Nya 4. Insan terpuji. 5. Gaya bahasa pelukisan yang dipakai untuk menggambarkan karakter nabi Muhammad SAW adalah kinayah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozaq, Edo Zulfiqaredozulfiqarrozaq@gmail.comA71215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha--2012075901
Subjects: Sastra
Keywords: Gaya bahasa penggambran; Karakter nabi Muhammad SAW; Simth al-Duror
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Edo Zulfiqar Rozaq
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:55
Last Modified: 02 Aug 2023 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56245

Actions (login required)

View Item View Item