Uji mikrobiologi dan nilai organoleptik terhadap mutu ikan bandeng (Chanos chanos F ) segar di kawasan tambak ikan bandeng: studi kasus Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qosdhi, Ahmad Maushulul (2022) Uji mikrobiologi dan nilai organoleptik terhadap mutu ikan bandeng (Chanos chanos F ) segar di kawasan tambak ikan bandeng: studi kasus Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Suarabaya.

[img] Text
Ahmad Maushulul Qosdhi_H74217022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian secara empiris mengenai kondisi mutu ikan bandeng segar (Chanos chanos F) berdasarkan nilai organoleptik dan kandungan mikroba pada ikan tersebut, dengan kandungan mikroba difokuskan pada bakteri Salmonella sp. dan Escherichia coli. Analisis dalam penelitian ini menggunakan variabel bebas (independent) berupa ikan bandeng segar yang di ambil di kawasan tambak ikan bandeng Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, dan variabel terikat (dependent) berupa mutu ikan bandeng segar tersebut berdasarkan uji organoleptik dan uji mikrobiologi. Sampel penelitian ini adalah 20 ekor ikan bandeng segar dari setiap kawasan terpilih. Penentuan sampel dilakukan dengan metode systematic random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji sensori dalam uji organoleptik serta uji bakteri Salmonella sp. dan Escherichia coli. dalam uji mikrobiologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 7 sampel ikan bandeng memiliki nilai organoleptik 7 (cukup segar), 10 sampel ikan bandeng bernilai organoleptik 8 (segar), dan 3 sampel ikan bandeng bernilai organoleptik 9 (sangat segar) yang menandakan bahwa ikan bandeng pada kawasan tambak Desa Kupang memiliki kesegaran dan mutu organoleptik yang baik. Sedangkan, hasil penelitian berdasarkan uji mikrobiologi menunjukkan terdapat 1 dari 20 sampel ikan bandeng yang mengandung bakteri Salmonella sp. namun tidak ditemukan sampel yang mengandung bakteri Escherichia coli. yang menandakan bahwa mutu ikan bandeng di kawasan tambak Desa Kupang memiliki mutu yang relatif rendah pada beberapa kawasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qosdhi, Ahmad Maushulula.maushulul@gmail.comH74217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id--
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id--
Subjects: Ikan
Ikan > Perikanan Tambak
Keywords: Mutu Ikan Segar; Ikan Bandeng; Organoleptik; Mikrobiologi Pangan; Salmonella sp.; Escherichia coli.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Unnamed user with email a.maushulul@gmail.com
Date Deposited: 28 Jun 2023 08:04
Last Modified: 28 Jun 2023 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56284

Actions (login required)

View Item View Item