Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan emosi peserta didik di SMP Islam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asri, Juwita Tiara (2016) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan emosi peserta didik di SMP Islam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Dalam Islam guru atau pendidik pada prinsipya tidak hanya mereka yang mempunyai kualifikasi keguruan secara formal yang diperoleh dari bangku perguruan tinggi, melainkan yang terpenting adalah mereka yang mempunyai kompetensi tertentu dan dapat menjadikan orang lai pandai dalam segi kognitif, afektif, dan psikomotorik.Dalam pendidikan, guru mempunyai tiga tugas pokok yang bisa dilaksanakan yaitu tugas profesional, tugas kemasyarakatan dan tugas manusiawi. Tugas profesional adalah tugas yang berhubungan dengan profesinya yaitu guru, meliputi tugas untuk mendidik, mengajar, dan melatih. Tugas manusiawi merupakan tugas sebagai seorang manusia. Guru harus bisa menjadikan dirinya sebagai orang tua kedua bagi peserta didiknya. Dan tugas kemasyarakatan adalah tugas sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang berfungsi sebagai pencipta masa depan dan penggerak kemampuan.Fokus dalam skripsi ini adalah bagaimana peranan guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan emosi peserta didiknya, bagaimana cara guru membimbing, mengarahkan, mendampingi agar emosi para siswa stabil dan bisa mengarahkan emosi kedalam hal yang positif.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data.Berdasarkan dari hasil analisis kajian skripsi ini, maka dapat penulis simpulkan bahwasanya peran guru PAI dalam pengembangan emosi peserta didik di SMP Islam Sidoarjo adalah sebagai uswatun hasanah, sebagai pembimbing, sebagai pengganti orang tua, sebagai pemimpin atau direktur belajar, meningkatkan kesadaran diri anak dengan membina dan memberikan pelatihan sehingga peserta didik dapat mengendalikan emosinya dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asri, Juwita TiaraJuwitaairen@gmail.comD91212166
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKadir, Abdkadirqi@yahoo.co.id2003085301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; Pengembangan Emosi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email juwitaairen@gmail.com
Date Deposited: 22 Apr 2016 06:22
Last Modified: 29 Jan 2020 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item