تطبيق نموذج التعلم الإكتشافي لتوكيد التفكير الحاسبي في تحليل نصوص القراءة في كتاب اللغة العربية لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية بانجوانجي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ani, Ahmad Faisal Zam (2022) تطبيق نموذج التعلم الإكتشافي لتوكيد التفكير الحاسبي في تحليل نصوص القراءة في كتاب اللغة العربية لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية بانجوانجي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Faisal Zam Ani_D72218021 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui desain model discovery learning menganalisis teks qiro’ah pada buku ajar siswa kelas X MAN 2 Banyuwangi, 2) Untuk mengetahui penerapan model discovery learning untuk penguatan computational thinking dalam menganalisis teks qiro’ah pada buku ajar siswa kelas X MAN 2 Banyuwangi, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat model discovery learning untuk penguatan computational thinking dalam menganalisis teks qiro’ah pada buku ajar siswa kelas X MAN 2 Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisa dengan mencakup empat kegiatan yang bersamaan: (1) pengumpulan data, (2) kondensasi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) desain model discovery sesuai RPP dengan kegiatan pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. 2) Penerapaan model discovery learning menggunakan 7 langkah-langkah teori pengaplikasian discovery learning untuk mencapai 4 indikator berpikir komputasi. 3) Faktor pendukung penerapan model discovery learning yaitu guru yang profesional, motivasi peserta didik yang positif, program matrikulasi, dan sarana prasarana pendidikan yang memadai. Faktor penghambat yaitu tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda dan kurangnya pendampingan guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ani, Ahmad Faisal Zamfaisalzamani123@gmail.comD72218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com.2007017001
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Metode Discovery Learning; berpikir komputasi; teks qiroah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ahmad Faisal Zam Ani
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:29
Last Modified: 23 Sep 2022 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56562

Actions (login required)

View Item View Item