Tinjauan hukum terhadap pertanggungjawaban tindak pidana pencemaran nama baik klinik kecantikan melalui media sosial: studi di Kepolisian Daerah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafiah, Nanda Rizki (2022) Tinjauan hukum terhadap pertanggungjawaban tindak pidana pencemaran nama baik klinik kecantikan melalui media sosial: studi di Kepolisian Daerah Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Rizki Hanafiah_C93218099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan ini skripsi ditulis untuk menjawab pertanyaan yang ditulis dalam 2 rumusan masalah yaitu. Pertama, Bagaimana kedudukan korban tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial. Kedua, Bagaimana upaya penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran nama baik klinik kecantikan melalui media sosial. Data penelitian ini didapatkan dengan wawancara yaitu dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif dengen jenis field research (penelitian lapangan). Taknik analisisnya menggunakan deskriptif deduktif. Penelitian ini dilakukan di Subdit Siber Diretorat reserse kriminal khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Jawa Timur. Kesimpulan dari skripsi ini adalah tim Siber Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Jawa Timur adalah dengan melayangkan surat panggilan tersangka kepada Stella guna untuk mendapatkan informasi lebih mendalam terkait kasus pencemaran nama baik yang dilakukan kepada klinik kecantikan L’VIORS di Surabaya. Oleh karena itu, dalam hal ini kepolisian bertugas untuk menemukan kebenaran yang sebenar-benarnya. Setelah itu menyerahkan berkas perkara, barang bukti dan tersangkanya kepada kejaksaan. Untuk saran kepada penulis yaitu Karena sifat penelitian ini masih ringan, umum dan jauh dari kesempurnaan, maka diperlukan bahasan-bahasan lebih lanjut, seperti bentuk-bentuk yang ada dalam pencemaran nama baik dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafiah, Nanda Rizkidihas.nanda1@gmail.comC93218099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHabibi, Miftakhur Rokhman--2016128801
Subjects: Hukum > Hukum Pidana
Hukum
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: pencemaran nama baik; klinik kecantikan; media sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: nanda rizki hanafiah
Date Deposited: 19 Apr 2023 16:05
Last Modified: 19 Apr 2023 16:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56596

Actions (login required)

View Item View Item