Tinjauan jarimah dalam hukum pidana islam terhadap cyber crime bentuk doxing pada pinjaman online: studi di Kepolisian Daerah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmah, Siti Asiyah (2022) Tinjauan jarimah dalam hukum pidana islam terhadap cyber crime bentuk doxing pada pinjaman online: studi di Kepolisian Daerah Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Asiyah Fatmah_C73218057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu perkembangan kejahatan di dunia maya (cyber crime) saat ini lebih meluas dengan model-model kejahatan salah satunya kejahatan doxing. Kejahatan doxing ini sangat mengkhawatirkan keamanan data pribadi seseorang. Kegiatan doxing kerap kali terjadi dengan locus dunia maya dan teknologi sebagai basis kejahatannya. Pada kesempatan ini penulis mengangkat kasus doxing pada pinjaman online karena kerap kali terjadi ancaman keamanan data pribadi seseorang dalam pinjaman online. Penelitian ini diharapkan dapat menjawab permasalahan keresahan pengguna layanan online yang wajib menyetorkan identitas pribadi untuk bisa melakukan transaksi elektronik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (empiris) dengan metode pendekatan penelitian studi kasus, Undang-Undang, dan konseptual. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer Kepolisian Daerah Jawa Timur dan Undang-Undang ITE. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dengan pola pikir deduktif yang menggunakan kerangka umum hukum pidana Islam sebagai alat analisis terhadap cyber crime dalam bentuk doxing. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kasus cyber crime dalam bentuk doxing Islamnya kasus doxing pada pinjaman online ini bisa mencederai kehormatan seseorang dikarenakan mengancam kebocoran data diri seseorang yang melakukan layanan pinjaman online. Doxing masuk dalam klasifikasi hukum pidana Islam kontemporer dengan asas yang sesuai dalam penelitian ini adalah asas legalitas dan asas al-amr bil-ma’rūf an-nahyi ‘an al-munkar, asas legalitas ditunjukkan dengan adanya jarīmah ta’zīr yang disamakan dalam hukum pidana di Indonesia dengan UU ITE bagi pelaku kasus doxing dan asas al-amr bil-ma’rūf an-nahyi ‘an al-munkar ditunjukkan dengan kejahatan ini mengancam kehormatan seseorang. Praktik doxing pada pinjaman online dalam hukum pidana merupakan praktik kejahatan yang terkonsep dengan menggunakan basis sistem yang berisikan data pribadi seseorang yang digunakan kembali untuk melakukan kejahatan dengan tujuan untuk melakukan proses penagihan dengan berbagai cara. Tentunya tidak cukup penyelesaiannya hanya menggunakan pertimbangan hukum dari KUHP namun dijawab dengan menggunakan instrumen Undang-Undang ITE tentang ketentuan pemidanaannya pada pasal 27, 30, dan 32 untuk menjawab permasalahan ini. Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis berharap untuk bagi pengguna layanan pinjaman online berhati-hati atas data pribadi dalam melakukan transaksi elektronik serta mendukung agar badan legislatif DPR-RI segera mengesahkan RUU Perlindungan Data Pribadi sebagai prolegnas tahun 2022 untuk melindungi keamanan data dalam transaksi elektronik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmah, Siti Asiyahsitiasiyahfatmah@gmail.comC73218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChandra, Marlimcand23@gmail.com2014048502
Subjects: Hukum > Hukum Pidana
Hukum
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Kejahatan di dunia maya; cyber crime; doxing
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: siti asiyah
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:06
Last Modified: 12 Oct 2023 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56653

Actions (login required)

View Item View Item