Pengaruh penggunaan media sosial terhadap gejala perilaku disruptif siswa kelas VI sekolah dasar di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahiroh, Ani Satul (2022) Pengaruh penggunaan media sosial terhadap gejala perilaku disruptif siswa kelas VI sekolah dasar di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ani Satul Mahiroh_D97217083.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah salah satu bahaya psikologi yang cukup sering dijumpai pada siswa sekolah dasar yakni perilaku disruptif. Perilaku disruptif dapat ditandai dengan masalah pengendalian emosi dan perilaku yang menimbulkan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan orang lain disekitarnya. Gejala perilaku disruptif dapat timbul pada anak maupun orang dewasa, tidak terkecuali di eks-lokalisasi Dolly. Mengingat tempat tersebut pernah menjadi tempat yang kurang bersahabat bagianak-anak. Dalam buku yang ditulis oleh Laura dan Charles yang berjudul Child Psychology & Development For Dummies memaparkan bahwa media memberikan kontribus terhadap perilaku disruptif. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penggunaan media sosial siswa kelas VI Sekolah dasar di Surabaya 2) Untuk mengetahui gejala perilaku disruptif siswa kelas VI Sekolah Dasar di Surabaya. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap gejala perilaku disruptif siswa kelas VI Sekolah Dasar di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Sampel terdiri dari siswa sekolah dasar di sekitar eks lokalisasi Dolly dengan usia 11 hingga 13 tahun sebanyak 179 siswa. teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan kuesioner.Hasil penelitian ini 1) Penggunaan media sosial siswa dalam penelitian ini cenderung baik hingga sangat baik. 2) Gejala perilaku disruptif dalam penelitian ini mayoritas normal atau tidak memiliki gejala perilaku disruptif. 3) Terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap gejala perilaku disruptif siswa kelas VI Sekolah Dasar di Surabaya. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku disruptif hanya sebesar 28% sehingga 72% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar model regresi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahiroh, Ani Satulanisamahiroh24@gmail.comD97217083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMunawwir, Munawwirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Media Sosial
Psikologi > Psikologi Anak
Perilaku
Keywords: Penggunaan Media Sosial; Gejala Perilaku Disruptif; Siswa Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ani Satul Mahiroh
Date Deposited: 28 Jun 2023 20:17
Last Modified: 28 Jun 2023 20:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56677

Actions (login required)

View Item View Item