Penerapan metode pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Mamluatul (2016) Penerapan metode pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa kelas V dalam pembelajaran pada materi mengarang. Di MINU Ngingas Waru Sidoarjo masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membuat karangan deskripsi dengan menggunakan ejaan yang benar. Maka perlu diterapkan suatu metode yang dapat meningkatkan keterampilan menulis yang salah satunya adalah metode picture and picture.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui keterampilan menulis karangan pada pelajaran bahasa Indonesia kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo sebelum diberikan tindakan yakni penerapan metode pembelajaran picture and picture. (2) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. (3) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan pada pelajaran bahasa Indonesia kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo setelah diberikan tindakan yakni penerapan metode pembelajaran picture and picture.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara , dan non tes. Adapun data diperoleh lalu dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1). Penerapan metode picture and picture berjalan dengan efektif melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklus. Dalam PBM dapat dilihat aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari mulai pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II. (2). Keterampilan menulis siswapun meningkat dari rata-rata nilai perolehan siswa dari pra siklus 60% menjadi 74% di siklus I yang secara klasikal belum tuntas dan memenuhi KKM 75, kemudian menjadi 91% di siklus II yang secara klasikal sudah dikatakan tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa dari 43,3% di pra siklus menjadi 60% di siklus I dan untuk siklus II 93,3% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian di kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Mamluatul--D07212017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mamluatul maghfiroh
Date Deposited: 23 Apr 2016 01:08
Last Modified: 02 Dec 2019 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5673

Actions (login required)

View Item View Item