Pengaruh rasio profitabilitas dan rasio solvabilitas terhadap return saham perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Dina (2022) Pengaruh rasio profitabilitas dan rasio solvabilitas terhadap return saham perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Aulia_G03218006 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan sub sektor telekomunikasi sangatlah penting saat ini sebab semakin pesatnya kemajuan teknologi dan informasi. Sehingga, perusahaan membutuhkan dana. Kebutuhan dana dapat diperoleh dari pinjaman atau pasar modal. Pada pasar modal, sebelum membeli saham investor dapat menganalisis kondisi perusahaan tersebut. Salah satunya dengan melihat dari faktor fundamental perusahaan agar memperoleh return saham atas investasi yang telah dilakukan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas dan rasio solvabilitas terhadap return saham perusahaan sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2018-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang menggunakan data sekunder. Pengumpulan data penelitian berasal dari annual report masing-masing perusahaan sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI yang sebagai objek penelitian. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 4 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dengan uji secara parsial menunjukkan bahwa rasio profitabilitas yang diproksikan dengan ROA berpengaruh signifikan terhadap return saham. ROE berpengaruh signifikan terhadap return saham. Pada rasio solvabilitas yang diproksikan dengan DAR tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. DER tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Uji simultan menunjukkan bahwa rasio profitabilitas dan solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap return saham. Bagi perusahaan sub sektor telekomunikasi diharapkan meningkatkan kinerja perusahaan lebih optimal khususnya meningkatkan profit margin serta sangat penting bagi perusahaan bijak dalam mengeluarkan laba bersih. Selain itu, memperhatikan faktor teknikal perusahaan karena dapat berdampak bagi kemajuan perusahaan dan harga saham perusahaan yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi return saham serta keuangan perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Dinadinabgdl@gmail.comG03218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id198612132019032009
Subjects: Bursa Saham
Investasi
Manajemen
Telekomunikasi
Keywords: ROA; ROE; DAR; DER; return saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Dina Aulia
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:56
Last Modified: 23 Sep 2022 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56752

Actions (login required)

View Item View Item