Pemberdayaan Kelompok Perempuan Berbasis Jam’iyah Keagamaan dalam mengembangkan ekonomi melalui usaha kreatif buah salak di Desa Wedi Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chufatin, Aurilia (2022) Pemberdayaan Kelompok Perempuan Berbasis Jam’iyah Keagamaan dalam mengembangkan ekonomi melalui usaha kreatif buah salak di Desa Wedi Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aurilia Chufatin_B72218057 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi dan hasil perubahan serta relevansi pendampingan yang dilakukan dengan dakwah pemberdayaan dalam mengembangkan ekonomi melalui usaha kreatif buah salak di Desa Wedi Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Proses penelitian ini dilakukan dengan tahapan inkulturasi, membentuk kelompok dampingan, dan melakukan tekhnik 5-D yakni menemukenali potensi dan aset (Discovery), membangun impian (Dream), merancang dan menyusun strategi program (Design), melakukan aksi (Define) dan monitoring dan evaluasi (Destiny). Hasil dari pendampingan ini adalah munculnya kesadaran masyarakat mengenai potensi alam dan SDM melalui pemanfaatan buah salak serta terbentuknya kelompok usaha yang beranggotakan ibu-ibu jam’iyah. Sedangkan Relevansi pemberdayaan kelompok perempuan berbasis jam’iyah keagamaan dalam mengembangkan ekonomi melalui usaha kreatif buah salak dengan dakwah pemberdayaan sesuai dengan pengamalan Qs. Al-Maidah (5) ayat 2.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chufatin, Auriliaauriliachufatin1401@gmail.comB72218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, MunirMunirmansyur1959@gemail.com2017035901
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Wirausaha
Sumber Daya Manusia
Keywords: Pemberdayaan; pengembangan asset; usaha kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aurilia Chufatin
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:57
Last Modified: 23 Sep 2022 08:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56760

Actions (login required)

View Item View Item