Sinergitas guru pendidikan agama Islam dan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa SMPN 1 Wilangan Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safira, Shofa (2022) Sinergitas guru pendidikan agama Islam dan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa SMPN 1 Wilangan Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofa Safira_D01218048 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyak generasi muda penerus bangsa meninggalkan ajaran agama dan moral yang telah diajarkan nenek moyangnya menyebabkan maraknya kenakalan di kalangan remaja. Guru merupakan sosok yang diharapkan dapat memberikan arahan dan pembinaan akhlak pada peserta didik, terutama guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling. Sinergitas antara kedua pihak tersebut sangat penting dalam mengatasi kenakalan siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kenakalan siswa, serta bagaimana sinergitas dan hasil sinergitas guru PAI dan BK dalam mengatasi kenakalan siswa. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: bentuk kenakalan siswa SMPN 1 Wilangan tergolong ringan seperti bolos, terlambat, serta tidak mematuhi tata tertib dan tata krama sekolah. Sinergitas yang dilakukan guru PAI dan BK ialah dengan memberi teguran, nasehat, bimbingan, saling berkomunikasi tentang perkembangan siswa, penegakan tata tertib dan pelaksanaan kegiatan agama. Hasil dari sinergitas guru PAI dan BK yaitu membawa perubahan pada perilaku siswa dan suasana sekolah menjadi lebih tertib dan kondusif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safira, Shofashofafira.189@gmail.comD01218048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Bimbingan Konseling
Kenakalan Anak dan Remaja
Pendidikan Islam
Keywords: Sinergitas; guru pendidikan agama Islam dan bimbingan konseling; kenakalan siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shofa Safira
Date Deposited: 23 Sep 2022 09:06
Last Modified: 23 Sep 2022 09:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56761

Actions (login required)

View Item View Item