Urgensi pembentukan bank tanah sebagai alternatif pembangunan nasional dan pemulihan perekonomian di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hilmiya, Imroatul (2024) Urgensi pembentukan bank tanah sebagai alternatif pembangunan nasional dan pemulihan perekonomian di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatul Hilmiya_08010120010.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Imroatul Hilmiya_08010120010_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sejak diumumkannya PP no. 64 Tahun.2021, terkait struktur bank tanah membuat penataan dan pembentukan bank tanah (lank bank) di Indonesia menjadi semakin berkembang. Kehadiran land bank berharap dapat menghubungkan aksesibilitas atas sumber daya tanah yang dikembangkan guna membantu masyarakat, dan pemulihan ekonomi. Penelitian ini bertujuan, untuk menganalisa urgensi, pembentukan landbank, mekanisme perolehan tanah sebagai penunjang pembangunan nasional dan pemulihan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan pustaka. Dalam penelitian ini memakai data sekunder yaitu data yang tidak diperoleh secara langsung dari tempat observasi namun melalui ulasan literatur. Hasil penelitian ini memberitahukan bahwa land bank merupakan lembaga yang dapat menyelesaikan segala permasalahan yang berhubungan dengan pengadaan tanah guna pembangunan nasional dan pemulihan perekonomian di Indonesia. Tata cara penerapannya berawal dari proses pengadaan, pengelolaan, pemanfaatan, (nilai guna) sampai pendistribusian atau penyebaran tanah. Urgensi pembentukan land bank tanah dapat mengatasi dampak buruk seperti penuntut, konflik, dan liberalisasi. Dalam meningkatkan land bank secara maksimal membutuhkan beberapa prioritas dan evaluasi selama proses. Namun, dalam penelitian ini menyarankan bahwa tinjauan yang jelas dan rinci sangat diperlukan sehubungan dengan proses atau cara peralihan dan pemindahan hak kuasa atas sumber daya tanah dan kerjasama antar mitra dalam rangka pemenuhan objeknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hilmiya, Imroatul08010120010@student.uinsby.ac.id08010120010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi
Keywords: Angkatan kerja; pengangguran; Pulau Jawa; kemiskinan; upah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Imroatul Hilmiya
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:13
Last Modified: 05 Sep 2024 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56962

Actions (login required)

View Item View Item