Analis efektivitas Media Sosial dalam meningkatkan jumlah donasi di masa pandemi covid-19 studi kasus LAZ Al-Azhar Perwakilan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Moch Lukmanul (2022) Analis efektivitas Media Sosial dalam meningkatkan jumlah donasi di masa pandemi covid-19 studi kasus LAZ Al-Azhar Perwakilan Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Lukmanul Hakim_G05218016 OK.pdf

Download (890kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu menggali permasalahan yang akan diteliti dengan turun langsung ke lapangan. Penelitian ini dilakukan pada LAZ Al Azhar Perwakilan Jawa Timur. Dan metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Peneliti mengambil data penelitian dengan wawancara secara langung kepada Kepala Perwakilan LAZ Al-Azhar Perwakilan Jawa Timur Aditya Kusuma, Divisi Komunikasi Aris Hari Martono dan Divisi Kelembagaan Feni Lestari. Dan melihat seluruh media sosial yang digunakan oleh LAZ Al-Azhar mulai dari Instagram, WhatsApp, Facebook, Telepon, Tik Tok dan Twitter.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 media sosial LAZ Al-Azhar Perwakilan Jawa Timur yang berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah donasi di Masa Pandemi Covid-19, meskipun pada masa tersebut ada kebijakan pemerintah yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengharuskan semua orang agar DiRumahSaja. Akan tetapi pada masa tersebut perolehan dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di LAZ Al-Azhar Perwakilan Jawa Timur tetap meningkat. Dalam pemanfaatan media sosial LAZ Al-Azhar Perwakilan Jawa Timur menggunakan media sosial Instagram, WhatsApp, Telemarketing, TikTok, Twitter dan Facebook. Dalam media sosial WhatsApp dan Telemarketing Tim Funding LAZ Al-Azhar Perwakilan Jatim memanfaatkan dengan semaksimal mungkin dan konsisten, akan tetapi untuk media sosial Instagram masih belum maksimal dalam pembuatan isi konten dan jam upload di semua fitur Instagram. Mengacu pada Teori Efektivitas Program dari Ravianto J, terdapat 2 media sosial yang tergolong sangat efektif, yaitu media sosial WhatsApp dan Telemarketing. Terdapat 1 media sosial yang tergolong cukup efektif yaitu Instagram, serta 1 media sosial yang tergolong cukup efektif yaitu Twitter. Dan 2 media sosial yang tergolong masih kurang efektif yaitu TikTok dan Facebook.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Moch LukmanulG05218016@uinsby.ac.idG05218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsegaf, M. Maulanam.maulana@uinsby.ac.id2104098701
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Media Sosial
Zakat
Keywords: Efektivitas; Media Sosial; LAZ Al-Azhar Perwakilan Jawa Timur.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Lukmanul Hakim
Date Deposited: 21 Oct 2023 12:02
Last Modified: 21 Oct 2023 12:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57027

Actions (login required)

View Item View Item