Pemberdayaan remaja sebagai upaya pencegahan pernikahan dini di Desa Bakalanrayung Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rodiana, Indun (2022) Pemberdayaan remaja sebagai upaya pencegahan pernikahan dini di Desa Bakalanrayung Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indun Rodiana_B72218069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pernikahan dini yang ada di Desa Bakalanrayung Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang mengenai tingginya angka pernikahan dini. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pernikahan dini diantaranya adalah faktor pendidikan, orang tua, ekonomi dan kecelakaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Participatory Action Risearch (PAR) yang berfokus pada pemecahan masalah yang dihadapi masyarakat. Langkah-langkah yang di lakukan dalam pemecahan masalah antara lain: Inkulturasi, FGD, merumuskan masalah, merancang strategi, melakukan aksi, evaluasi dan refleksi. Strategi yang digunakan dalam proses pendampingan adalah memberikan edukasi kepada remaja yang di sampaikan oleh beberapa ahli diantaranya BKKBN, Polindes/Puskesmas, dan KUA. Setelah itu melakukan kampanye mengenai dampak pernikahan dini dan mengajukan draf usulan kebijakan kepada pihak desa. Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan adalah masyarakat khususnya remaja desa Bakalanrayung lebih memahami dampak pernikahan dini. Pada tahap advokasi kebijakan kepada pihak desa, masyarakat mulai berani dalam menyampaikan pendapat dan ikut berpartisipasi dalam merumuskan kebijakan khususnya mengenai pernikahan dini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rodiana, Indunrodianaindun@gmail.comB72218069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Perkawinan
Keywords: Pemberdayaan Remaja; Pernikahan Dini; Dampak Pernikahan Dini.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Indun Rodiana
Date Deposited: 19 Jul 2023 14:36
Last Modified: 19 Jul 2023 14:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57028

Actions (login required)

View Item View Item