Pengaruh religiusitas, motivasi kerja dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yansari, Riza Qomariyah (2022) Pengaruh religiusitas, motivasi kerja dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riza Qomariyah Yansari_G74218127 OK.pdf

Download (683kB)
[img] Text
Riza Qomariyah Yansari_G74218127 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Lahirnya Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) adalah lembaga keuangan mikro syariah yang telah menjadi lembaga keuangan mikro dengan sistem operasional berdasarkan hukum Islam. Sumber daya insani merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi keberhasilan BMT, karena sumber daya insani memegang peranan paling penting dalam melaksanakan kegiatan yang dilakukan oleh BMT untuk mencapai tujuannya. Memiliki sumber daya insani sangatlah penting, hidup atau matinya sebuah BMT tergantung pada kualitas sumber daya insani yang dikelolanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas, motivasi kerja dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 92 karyawan dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS v.3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) religiusitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan karena memiliki P-value diperoleh sebesar 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05; (2) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan karena memiliki nilai P-value diperoleh sebesar 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05; (3) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan karena memiliki nilai P-value diperoleh sebesar 0.002, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05; (4) pelatihan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan karena memiliki nilai P-value diperoleh sebesar 0.242, nilai tersebut lebih besar dari 0.05; (5) religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karena memiliki nilai P-value diperoleh sebesar 0.090, nilai tersebut lebih besar dari 0.05; (6) motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karena memiliki nilai P-value diperoleh sebesar 0.046, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05; (7) pelatihan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karena memiliki nilai P-value diperoleh sebesar 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05; (8) religiusitas kerja melalui kepuasan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan karena memiliki nilai P-value diperoleh sebesar 0.253, nilai tersebut lebih besar dari 0.05; (9) motivasi kerja melalui kepuasan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan karena memiliki nilai P-value diperoleh sebesar 0.107, nilai tersebut lebih besar dari 0.05; (10) pelatihan kerja melalui kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan karena memiliki nilai P-value diperoleh sebesar 0.049, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05. Dengan adanya hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlu adanya peningkatan pada religiusitas dan motivasi kerja agar lebih meningkatkan kinerja karyawan dan nantinya akan dapat berdampak pada kepuasan kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yansari, Riza Qomariyahrizaqomariyah24@gmail.comG74218127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Sumber Daya Manusia
Keywords: Religiusitas; motivasi kerja; pelatihan kerja; kinerja karyawan; kepuasan kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Riza Qomariyah Yansari
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:19
Last Modified: 21 Mar 2024 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57046

Actions (login required)

View Item View Item