Implementasi islamic marketing dalam mempertahankan pendapatan pada masa pandemi covid-19 di Bengkel Kriya Daun 9996

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Buchori, Ade Rishna Hidayah Shafira (2022) Implementasi islamic marketing dalam mempertahankan pendapatan pada masa pandemi covid-19 di Bengkel Kriya Daun 9996. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Rishna Hidayah Shafira Buchori_G94218150.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi . Dalam mengolah data peneliti menggunakan metode penyuntingan data (Editing), pengorganisasian data (Organizing), dan analisis data (Analyzing). Pada analisis data, metode yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Islamic marketing pada masa pandemi covid-19 di Bengkel Kriya Daun 9996 diterapkan melalui strategi bauran pemasaran 7P yang terdiri dari Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), manusia (People), Proses (Process) dan Bukti Fisik (Physical Evidence) dimana pada ketujuh komponen tersebut telah sesuai dengan nilai-nilai islamic marketing. Dengan diterapkannya strategi bauran pemasaran 7P yang sesuai dengan karakter islamic marketing mampu mempertahankan pendapatan perusahaan di masa pandemi covid-19 yang ditunjukkan dari mulai stabilnya pendapatan yang diperoleh serta meningkat secara perlahan dimana dari pendapatan tersebut Bengkel Kriya Daun 9996 mampu memenuhi kebutuhan dasar, kebutuhan sosial psikologis, dan kebutuhan pengembangan sehingga walaupun terdampak oleh pandemi covid-19 Bengkel Kriya Daun masih bisa dikatakan sejahtera serta mampu memenuhi kewajiban menunaikan zakat dan sedekah. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan Bengkel Kriya Daun 9996 mampu mempertahankan nilai-nilai Islamic Marketing pada setiap aspek kegiatan bisnisnya dan mengembangkan pemasarannya melalui marketplace agar jangkauan pasar semakin luas serta melakukan modernisasi alat produksi agar proses produksi menjadi lebih efisien. Selain itu untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam terkait penerapan strategi Islamic Marketing pada UMKM dan sesuai dengan kondisi terbaru seperti pasca pandemi covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Buchori, Ade Rishna Hidayah Shafiraaderishna3005@gmail.comG94218150
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Bisnis
Keywords: Islamic Marketing; Pendapatan; Pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ade Rishna Hidayah Shafira Buchori
Date Deposited: 30 Apr 2023 16:23
Last Modified: 30 Apr 2023 16:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57113

Actions (login required)

View Item View Item