Manajemen Peserta Didik Dalam Pengembangan Bakat Siswa Melalui Program Extra Smart dan Extra Action di SMP Asa Cendekia Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Tari Satul (2022) Manajemen Peserta Didik Dalam Pengembangan Bakat Siswa Melalui Program Extra Smart dan Extra Action di SMP Asa Cendekia Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tari Satul Lailiyah_D73218069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Bakat Siswa melalui Program Extra Smart dan Extra Action di SMP Asa Cendekia Sedati Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh keberhasilan dan jumlah peserta didik yang dicapai oleh SMP Asa Cendekia Sedati dalam membuat dan menjalankan program extra smart dan extra action sebagai ekstrakurikuler yang ditetapkan di Sekolah Menengah Pertama Asa Cendekia Sedati, sehingga perlu men-generalisasi-kan hasil penelitian sebagai acuan bagi sekolah yang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di SMP Asa Cendekia Sedati, pengembangan bakat siswa melalui program extra smart dan extra action di SMP Asa Cendekia Sedati. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Pembina Ekstrakurikuler, dan Siswa. Objek penelitian ini adalah Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Bakat Siswa melalui Program Ekstrakurikuler sekolah. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model Miles dan Huberman dalam analisis data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data. Dari temuan penelitian dan pembahasan, dapat dideskripsikan (1) Manajemen Peserta didik di SMP Asa Cendekia semaksimal mungkin dilakukan sebagai bentuk efektifitas penyelenggaraan pelayanan bagi peserta didik agar mampu mencetak peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan. (2) Pengembangan bakat siswa melalui program extra smart dan extra action sebagai wadah dan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki dari segi kognitif maupun psikomotorik. (3) kegiatan dikendalikan langsung oleh Waka Kesiswaan. Dimulai dari perencanaan menyusun program kegiatan apa yang akan ditetapkan melalui rapat kerja, penyusunan deskripsi kegiatan ekstrakurikuler, penetapan jadwal serta tempat yang akan digunakan, pengorganisasian berdasarkan susunan keanggotaan ekstra, pelaksanaan meliputi latihan rutin dan keikutsertaan peserta didik yang mengikuti lomba di luar sekolah, pengawasan dilakukan oleh Pembina ekstra dan penilaian berdasarkan absensi dan diakhir setiap semester.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Tari Satultarisalailiya@gmail.comD73218069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, SamsulSamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Keterampilan
Manajemen Pendidikan
Minat Siswa
Keywords: Manajemen peserta didik; Pengembangan bakat; Program extra smart dan extra action
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tarisa Lailiyah
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:28
Last Modified: 13 Oct 2022 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57260

Actions (login required)

View Item View Item