This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lailiyah, Tari Satul (2022) Manajemen Peserta Didik Dalam Pengembangan Bakat Siswa Melalui Program Extra Smart dan Extra Action di SMP Asa Cendekia Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Tari Satul Lailiyah_D73218069.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Bakat Siswa melalui Program Extra Smart dan Extra Action di SMP Asa Cendekia Sedati Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh keberhasilan dan jumlah peserta didik yang dicapai oleh SMP Asa Cendekia Sedati dalam membuat dan menjalankan program extra smart dan extra action sebagai ekstrakurikuler yang ditetapkan di Sekolah Menengah Pertama Asa Cendekia Sedati, sehingga perlu men-generalisasi-kan hasil penelitian sebagai acuan bagi sekolah yang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di SMP Asa Cendekia Sedati, pengembangan bakat siswa melalui program extra smart dan extra action di SMP Asa Cendekia Sedati. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Pembina Ekstrakurikuler, dan Siswa. Objek penelitian ini adalah Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Bakat Siswa melalui Program Ekstrakurikuler sekolah. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model Miles dan Huberman dalam analisis data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data. Dari temuan penelitian dan pembahasan, dapat dideskripsikan (1) Manajemen Peserta didik di SMP Asa Cendekia semaksimal mungkin dilakukan sebagai bentuk efektifitas penyelenggaraan pelayanan bagi peserta didik agar mampu mencetak peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan. (2) Pengembangan bakat siswa melalui program extra smart dan extra action sebagai wadah dan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki dari segi kognitif maupun psikomotorik. (3) kegiatan dikendalikan langsung oleh Waka Kesiswaan. Dimulai dari perencanaan menyusun program kegiatan apa yang akan ditetapkan melalui rapat kerja, penyusunan deskripsi kegiatan ekstrakurikuler, penetapan jadwal serta tempat yang akan digunakan, pengorganisasian berdasarkan susunan keanggotaan ekstra, pelaksanaan meliputi latihan rutin dan keikutsertaan peserta didik yang mengikuti lomba di luar sekolah, pengawasan dilakukan oleh Pembina ekstra dan penilaian berdasarkan absensi dan diakhir setiap semester.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Keterampilan Manajemen Pendidikan Minat Siswa |
||||||||||||
Keywords: | Manajemen peserta didik; Pengembangan bakat; Program extra smart dan extra action | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Tarisa Lailiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2022 03:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2022 03:57 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57260 |
Actions (login required)
View Item |