Sejarah dan Arsitektur pada situs Makam Syarifah Ambami (Aermata Ebuh) Desa Buduran Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Museyyeroh, Museyyeroh (2022) Sejarah dan Arsitektur pada situs Makam Syarifah Ambami (Aermata Ebuh) Desa Buduran Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Suan Ampel Surabaya.

[img] Text
Museyyeroh_A72218066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil akhir dari penelitian lapangan yang berjudul “Sejarah dan Arsitektur Pada Makam Syarifah Ambami (Aermata Ebuh) Desa Buduran Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan” di dalam skripsi ini terdapat tiga permasalahan yang di teliti yaitu: (1) Bagaimana keberadaan Situs Makam Syarifah Ambami (Aermata Ebuh) Buduran Arosbaya Bangkalan?, (2) Bagaimana struktur pada Situs Makam Syarifah Ambami (Aermata Ebuh) Buduran Arosbaya Bangkalan?, (3) Bagaimana Wujud Arsitektur pada Situs Makam Syarifah Ambami (Aermata Ebuh) Buduran Arosbaya Bangkalan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian Arkeologi, yang meliputi observasi, wawancara, deskripsi, analisis dan pelaporan. Pendekatan yang digunakan yaitu adaptasi kultural. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori penetration pasifique menurut Hasan Muawir Ambaryeori ini difokuskan untuk menganalisis ragam hias pada arsitektur situs makam Syarifah Ambami (Aermata Ebuh). Pada penelitian ini dapat ditarik hasil yaitu sebagai berikut: pertama, Situs Makam Syarifah Ambami (Aermata Ebuh) ini terletak pada suatu bukit di Desa Buduran Kecamatan Arosbaya Kabuaten Bangkalan. Kedua, strukrur pada Situs Makam Syarifah Ambami (Aermata Ebuh) ini terdiri dari makam para tokoh yang berperan di Bangkalan yaitu Syarifah Ambami yang merupakan tokoh utama pada makam serta para penerus kekuasaan di Bangkalan yaitu Cakraningrat dan adipati serta para keturunan dan prajuritnya. Ketiga. Dari berbagai macam arsitektur yang terdapat pada Situs Makam ini terdapat makana filosofi yang menerangkan bahawa adanya budaya local yang erdampingan dengan Islam dan mampu diterima baik tanpa unsur paksaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Museyyeroh, MuseyyerohMuseyyeroh01@gmail.comA72218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi060459@gmail.com2006045901
Subjects: Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Aermata Ebuh; Arsitektur; Islam; Kebudayaan Lokal.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Musey yeroh
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:30
Last Modified: 10 Jul 2023 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57274

Actions (login required)

View Item View Item