Pengaruh self-esteem dan self-control terhadap kecenderungan narsistik remaja pengguna media sosial Tiktok

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Fitriyah 'Ainul (2022) Pengaruh self-esteem dan self-control terhadap kecenderungan narsistik remaja pengguna media sosial Tiktok. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriyah 'Ainul Fuad_J91218091.pdf

Download (5MB)

Abstract

Narsistik merupakan rasa kebutuhan untuk dikagumi oleh orang lain. Narsistik yang tinggi dapat menyebabkan terganggunya fungsi-fungsi kehidupan dan berpotensi menganggu kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-esteem dan self-control terhadap kecenderungan narsistik. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional dengan melibatkan 250 remaja pengguna media sosial tiktok di Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo). Pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Ada tiga macam instrumen yang digunakan yaitu Narcissistic Personality Inventory-16 (NPI-16), Rosenberg Self-esteem Scale (RSE), dan Brief Self-control Scale (BSCS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-esteem dan self-control masing-masing menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan terhadap kecenderungan narsistik. Self-esteem dan self-control juga bersama-sama berkontribusi terhadap kecenderungan narsistik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, Fitriyah 'Ainulfitriyahaf@gmail.comJ91218091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufiana.harnany@uinsby.ac.id197602272009122001
Subjects: Media Sosial
Keywords: Narsistik; self-esteem; self-control
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Fitriyah Ainul Fuad
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:24
Last Modified: 20 Oct 2022 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57355

Actions (login required)

View Item View Item