Produksi dan persaingan bisnis dalam perspektif etika bisnis Islam: studi pada brem Tongkat Mas Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholipah, Nur (2022) Produksi dan persaingan bisnis dalam perspektif etika bisnis Islam: studi pada brem Tongkat Mas Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Kholipah_G94217113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini berjudul “Produksi Dan Persaingan Bisnis Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam: Studi Pada Brem Tongkat Mas Madiun”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: 1. Bagaimana proses produksi pada brem Tongkat Mas? 2. Apa strategi yang dilakukan brem Tongkat Mas dalam menghadapi persaingan bisnis? 3. Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada sektor produksi dan persaingan bisnis di brem Tongkat Mas Madiun? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian dengan metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada di lapangan. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung pada lokasi penelitian. Subjek penelitian ini adalah Brem Tongkat Mas Madiun. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Dalam proses produksinya brem tongkat Mas Madiun menggunakan bahan baku kualitas terbaik dan halal. Terdapat delapan tahapan produksi mulai dari bahan mentah hingga siap dipasarkan. 2. Terdapat tiga Strategi yang digunakan brem tongkat mas Madiun dalam menghadapi persaingan yaitu kualitas produk, pelayanan terbaik dan mengenali pesaing bisnis. 3. Dalam proses produksi dan persaingan bisnis yag dijalankan brem Tongkat Mas Madiun terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam Etika Bisnis Islam sesuai dengan empat aksioma yang membentuk etika bisnis Islam menurut teori Haider naqvi yang digunakan sebagai alat analisis yaitu nilai tauhid, keseimbangan, kebebasan, dan tanggung jawab. Dari hasil penelitian, saran untuk Brem Tongkat Mas Madiun diharapkan agar tetap mempertahankan nilai-nilai etika bisnis Islam dalam menjalankan seluruh kegiatan bisnisnya terkhusus pada proses produksi dan persaingan bisnis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholipah, Nurkholipahnur6@gmail.comG94217113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatuliim.azizah1973@gmail.com2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Islam
Bisnis
Keywords: Proses produksi; Persaingan bisnis; Etika Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Kholipah
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:54
Last Modified: 25 Oct 2022 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57491

Actions (login required)

View Item View Item