Pemberdayaan perempuan petani hutan (pesanggem) dalam meningkatkan perekonomian melalui pengolahan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) sebagai upaya mengatasi kemiskinan di Dusun Katikan Desa Katikan Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiyaningrum, Widiyaningrum (2022) Pemberdayaan perempuan petani hutan (pesanggem) dalam meningkatkan perekonomian melalui pengolahan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) sebagai upaya mengatasi kemiskinan di Dusun Katikan Desa Katikan Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widiyaningrum_B72218090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pemberdayaan ini menggambarkan kondisi kehidupan petani Hutan Kedung Merak di Dusun Katikan, Desa Katikan, Kec. Kedunggalar. Kab. Ngawi, Prov. Jawa Timur. Pendekatan penelitian pemberdayaan ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Metode PAR ini merupakan metode yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan menjadikan masyarakat sebagai subjek bukan sebagai objek. Strategi yang dilakukan peneliti dalam mengatasi tingginya tingkat kemiskinan petani hutan perempuan karena rendahnya penghasilan pertanian yaitu melalui edukasi dan inovasi pengolahan dan pemasaran hasil pertanian hutan, mengorganisir terbentuknya Kelompok Usaha Tani, menginisiasi kebijakan desa tentang pengolahan dan pemasaran hasil pertanian hutan serta mengorganisir sarana pengolahan dan pemasaran hasil pertanian hutan. Dalam hal ini, Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) difokuskan pada pengolahan hasil panen jagung dan singkong. Hasil dari penelitian pemberdayaan ini yaitu adanya pengolahan dan pemasaran hasil pertanian hutan, adanya Kelompok Usaha Tani, adanya kebijakan desa tentang pengolahan dan pemasaran hasil pertanian hutan, serta adanya sarana pengolahan dan pemasaran hasil pertanian hutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiyaningrum, Widiyaningrumwidiyaningrum202@gmail.comB72218090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Ekonomi
Kemiskinan
Pemberdayaan > Perempuan
Pemberdayaan
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Pertanian
Keywords: Pemberdayaan; perempuan; petani hutan; perekonomian; kemiskinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Widiyaningrum Widiyaningrum
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:36
Last Modified: 28 Oct 2022 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57558

Actions (login required)

View Item View Item