Implementasi pendidikan karakter pada siswa di sekolah inklusi : Studi Penelitian Di Smp Negeri 29 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Much. Arif Saiful (2016) Implementasi pendidikan karakter pada siswa di sekolah inklusi : Studi Penelitian Di Smp Negeri 29 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyak yang mengatakan bahwa masalah terbesar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah masalah dekadensi moral. Perilaku menabrak etika, moral dan hukum dari yang ringan sampai yang berat acapkali kerap diperlihatkan oleh pelajar dan mahasiswa. Hal itulah yang kemudian mendorong munculnya tawaran pendidikan alternatif, salah satunya yaitu pendidikan karakter. Pendidikan karakter dirasa sangat penting karena dipandang sebagai solusi cerdas untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki kepribadian unggul, berakhlak mulia, dan menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesian. SMP Negeri 29 Surabaya sebagai salah satu lembaga pendidikan dan sekolah inklusi di kota Surabaya juga ingin memberikan konstribusinya dalam membangun kualitas/karakter bangsa melalui pendidikan karakter. Sebagai sekolah inklusi, SMP Negeri 29 Surabaya sudah seharusnya memiliki cara tersendiri dalam implementasi pendidikan karakter kepada para siswanya yang heterogen. tidak hanya karena nilai-nilai karakter yang akan ditanamkan membutuhkan pendekatan yang berbeda dalam penginternalisasiannya, tetapi juga melihat subyek didik yang menjadi sasaran implementasi pendidikan karakter adalah siswa yang heterogen baik yang normal atau yang berkebutuhan khusus yang secara keseluruhan sangat berbeda baik tingkat kemampuan intelektual, karakteristik, maupun kematangannya. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian tentang “Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa di Sekolah Inklusi (Studi Penelitian di SMP Negeri 29 Surabaya)”.
Penelitian ini bertujuan :1) Untuk mengetahui konsep pendidikan karakter, 2) Untuk mengetahui desain pendidikan karakter di SMP Negeri 29 Surabaya., 3) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada siswa di SMP Negeri 29 Surabaya, 4) Untuk mengetahui faktor penghambat implementasi pendidikan karakter pada siswa SMP Negeri 29 Surabaya, 5) Untuk mengetahui solusi dari factor penghambat implementasi pendidikan karakter pada siswa di SMP Negeri 29 Surabaya.
Adapun Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di SMPN 29 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara (interview), dokumentasi, dan penyebaran kuisioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, Implementasi Pendidikan Karakter pada siswa di Sekolah Inklusi SMP Negeri 29 Surabaya terbagi menjadi 3 macam, yaitu implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran, yang terintegrasi dalam kegiatan pengembangan diri (kegiatan intra/ekstrakulikuler), dan yang terintegrasi dalam pengembangan budaya sekolah. Selain itu, juga terintegrasi dalam pembelajaran muatan local. Adapun yang secara khusus. Implementasi Pendidikan karakter pada siswa diimplementasikan di kelas Pintar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Much. Arif Saifularifsaifulanam@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Sekolah Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Much. Arif Saiful Anam
Date Deposited: 14 Apr 2016 01:32
Last Modified: 14 Nov 2019 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item