Pendampingan fatayat NU Gending melalui inovasi pemanfaatan bayam brazil di kelurahan Gending, kecamatan Kebomas kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuniar, Muhammad Fariz (2022) Pendampingan fatayat NU Gending melalui inovasi pemanfaatan bayam brazil di kelurahan Gending, kecamatan Kebomas kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fariz Yuniar_B92218120.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan Fatayat NU Gending. Lokasi penelitian ini berada di Kelurahan Gending, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik Jawa Timur. Di Kelurahan Gending terdapat aset tanaman, aset tersebut adalah bayam brazil. Bayam brazil ini belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik. Bayam brazil dapat dikonsumsi. Bayam brazil tumbuh subur di Kelurahan Gending. Aset yang ada dapat dimanfaatkan dan dijadikan suatu inovasi produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ABCD (Asset Basset Community Development). Penelitian ini berbasis aset. Dalam penelitian ABCD ini ada 5 tahapan. Tahapan yang dilalui yaitu Discovery, Dream, Desaign, Define, Destiny. Yang pertama berawal dari cerita masa lampau yang sukses, lalu mulai membangun mimpi dilanjutkan dengan mewujudkan mimpi dan tahapan akhir adalah monitoring dan evaluasi. Hasil pendampingan yang dilakukan adalah pemanfaatan aset yaitu, bayam brazil. Bayam brazil ini diolah menjadi keripik bayam brazil. Produk keripik bayam brazil ini akan dijadikan produk unggulan yang dimiliki oleh Fatayat NU Gending. Produk ini dipasarkan melalui offline dan media online. Produk unggulan keripik bayam brazil ini baru pertama kali ada di Kelurahan Gending. Namun yang lebih utama dalam pendampingan kali ini adalah proses pemanfaatan serta pengelolahannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuniar, Muhammad Farizb92218120@uinsby.ac.idB92218120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Ekonomi
Industri Kecil
Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pendampingan; Aset dan Pemanfaatan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Fariz Yuniar
Date Deposited: 31 Oct 2022 05:34
Last Modified: 31 Oct 2022 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57632

Actions (login required)

View Item View Item