Makam Mbah Djaelani Kajeksan Tulangan Sidoarjo: studi arsitektur dan wisata religi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utama, Foster Iman (2022) Makam Mbah Djaelani Kajeksan Tulangan Sidoarjo: studi arsitektur dan wisata religi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Foster Iman Utama_A02218016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Makam Mbah Djaelani Kajeksan, Tulangan, Sidoarjo (Studi Arsitektur dan Wisata Religi). Penelitian ini berfokus pada tiga permasalahan yaitu: (1) Bagaimana sejarah pembangunan Makam Mbah Djaelani Kajeksan, Tulangan, Sidoarjo? (2) Bagaimana arsitektur Makam Mbah Djaelani Kajeksan, Tulangan, Sidoarjo? (3) Bagaimana wisata religi di Makam Mbah Djaelani Kajeksan, Tulangan, Sidoarjo?. Dalam membahas permasalahan ini peneliti menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan sejarah budaya dipergunakan dalam menguraikan atau menganalisis kebudayaan serta interaksi masyarakat sekitar Makam Mbah Djaelani. Sumber data diperoleh melalui pengamatan (Observasi), wawancara (Interview), dokumentasi dan analisis data. Teori yang dipergunakan dalam penelitian ini teori Fungsionalisme yang dikemukakan oleh Malinowski. Teori ini dipergunakan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara masyarakat sekitar dengan wisatawan yang memiliki hubungan saling ketergantungan dan menciptakan keharmonisan. Pada penelitian ini diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: (1) Makam Mbah Djaelani merupakan salah satu makam tokoh Islam Sidoarjo yang terletak di Kajeksan, Tulangan, Sidoarjo. Pembangunan pertama makam Mbah Djaelani dilakukan pada tahun 1914 dan dilanjutkan kembali pada tahun 2000 hingga sekarang. (2) Desain Arsitektur Makam Mbah Djaelani terdiri dari tata letak bangunan Makam Mbah Djaelani (pelataran depan makam, pelataran dalam makam, pelataran dalam cangkup makam) dan bentuk arsitektur Makam Mbah Djaelani terdiri dari cangkup joglo, nisan, jirat, dinding, pintu masuk, tiang, lantai, gapura dan pendopo Makam Mbah Djaelani. (3) Wisatawan Makam Mbah Djaelani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utama, Foster Imanfosterelforza23@gmail.comA02218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Subjects: Arsitektur
Sejarah > Islam
Ziarah Kubur
Keywords: Mbah Djaelani; arsitektur; wisatawan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Foster Iman Utama
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:50
Last Modified: 01 Nov 2022 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57641

Actions (login required)

View Item View Item