PENGARUH PENCIPTAAN IKLIM KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 40 SURABAYA.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Dini Resti (2016) PENGARUH PENCIPTAAN IKLIM KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 40 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah, yaitu : (1)Bagaimana penciptaan iklim kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Surabaya? (2)Bagaimana motivasi belajar PAI siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Surabaya?(3)Bagaimana pengaruh penciptaan iklim kelas terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Surabaya?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode dokumentasi, angket, observasi dan interview sebagai teknik pengumpulan data. Data yang dikumpulkan yakni gambaran umum dari SMP Negeri 40 Surabaya, iklim kelas, dan motivasi belajar PAI di SMP Negeri 40 Surabaya. Kemudian data-data hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS dengan rumus statistik korelasi product moment dan regresi linier sederhanauntuk mendapat hasil analisis yang akurat mengenai tingkat pengaruh antara penciptaan iklim kelas dengan motivasi belajar PAI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara penciptaan iklim kelas dengan motivasi belajar PAI cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari sebelum dan sesudah menggunakan metode discovery learning. Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 20, Dari r tabel product moment dengan n = 57, diketahui bahwa taraf signifikan 5% = 0,254 dan 1% = 0,330. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) di tolak. Sehingga ada pengaruh yang signifikan dalam penciptaan Iklim Kelas dengan Motivasi belajar PAI Siswa Kelas VII di SMP Negeri 40 Surabaya.
Selain menggunakan rumus product moment, peneliti juga menggunakan rumus regresi. Persamaan regresinya sebagai berikut: Y = α + bx = 1,609 + 0,775x. Untuk R Square sebesar 0,612. Hal ini berarti 61,2% Penciptaan Iklim Kelas mempengaruhi Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VII di SMP Negeri 40 Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Dini RestiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: iklim kelas; motivasi belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dini resti susanti
Date Deposited: 13 Apr 2016 07:30
Last Modified: 13 Apr 2016 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5770

Actions (login required)

View Item View Item