Efektivfitas pembelajaran intensif Al Qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Qur’an santri baru di Pesantren Mahasiswa Pusat Ma’had Al Jami’ah Uin Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Nelud Darajaatul (2016) Efektivfitas pembelajaran intensif Al Qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Qur’an santri baru di Pesantren Mahasiswa Pusat Ma’had Al Jami’ah Uin Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (20MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mengingat pentingnya Al Qur’an bagi kehidupan manusia sebagai pedoman hidup, dirasa penting dan wajib bagi setiap umat islam mengupayakan dirinya untuk memperbaiki seluk beluk keilmuannya terutama dalam segi bacaan. Kehawatiran pada perkembangan pengetahuan agama dalam bidang qur’ani di tengah metropolitan Kota Surabaya dan Perubahan IAIN menjadi UIN secara tidak langsung menggerus nilai keislaman yang terbangun sejak lama dengan cepat, oleh sebab itulah pesantren mahasiswa didirikan. Dalam pesantren, pembelajaran intensif al Qur’an diadakan dengan tujuan agar dapat membentuk kemampuan membaca secara benar (fasih)dalam ucapan setiap hurufnya dan baik dalam bacaan persambungannya
Melalui skripsi ini, penulis berusaha meneliti lebih dalam terkait Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pembelajaran intensif Al Qur’an, bagaimana peningkatan kualitas bacaan Al Qur’an santri baru, dan b agaimana efektivitas pembelajaran intensif al qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Qur’an santri baru.
Dalam menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan penelitian jenis mixed method (metode campuran). Sesuai dengan masalah tersebut, data kuan digunakan berupa hasil observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes untuk
menganalisis data kualitatif. Adapun Data kuantitatif diperoleh dari hasil penyebaran angket mengukur variabel X (Pembelajaran Intensif Al Qur’an) dan variabel Y (Peningkatan kualitas bacaan Al Qur’an santri baru), dan diproses dengan statistik sederhana dan statistik regresi linear untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas pembelajaran dalam meningkatakan kualitas bacaan al qur’an santri baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan skor penilaian nilai rata-rata pada pembelajaran intensif al Qur’an dan Peningkatan kualitas bacaan Al Qur’an santri baru menunjukkan pada tingkat tinggi. Akantetapi tingkat Pengaruh atau tingkat efektivitas yang ditemukan dalam penelitian dari pembelajaran intensif Al Qur’an sebesar 13,6 % dan menunjukkan prosentasi yang rendah, peneliti mengasumsikan
bahwa 86,4 % dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Nelud DarajaatulNayzakiyah54@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusam Thobroni, Ahmadayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Intensif Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NELUD DARA NELUD NELUD
Date Deposited: 13 Apr 2016 07:47
Last Modified: 08 Nov 2019 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5772

Actions (login required)

View Item View Item