Analisis kegiatan adiwiyata sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA terpadu di SMP Negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Moh. Rizky Perdana (2022) Analisis kegiatan adiwiyata sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA terpadu di SMP Negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Rizky Perdana Ardiansyah_D0A218014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing I: Dr. Nur Wakhidah, S.Pd, M.Si, dan pembimbing II: Khoirotul Ummah, M.SiKata Kunci: Adiwiyata, Sumber Belajar, IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang memerlukan pengalaman langsung untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami kondisi alam sekitar melalui kegiatan “mencari tahu” dan “berbuat”. Adiwiyata merupakan salah satu program yang memiliki keterkaitan dengan lingkungan. SMP Negeri 5 Surabaya merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan program Adiwiyata dan telah melaksanakan pembelajaran berbasis lingkungan melalui beberapa pokja dalam Adiwiyata. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peelaksanaan dan penggunaan program Adiwiyata sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk untuk mendekskripsikan fakta yang ada dilapangan mengenai penggunaan Adiwiyata sebagai sumber belajar di SMP Negeri 5 Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik tersebut memungkinkan peneliti untuk mengetahui secara detail tentang penggunaan Adiwiyata sebagi sumber belajar. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan adanya pemanfaatan program Adiwiyata sebagai sumber belajar, serta pada materi IPA tertentu. Bentuk pemanfaatannya adalah dengan menggunakan pokja green house sebagai sarana pembelajaran langsung dalam materi klasifikasi makhluk hidup, pemanfaatan pokja konservasi energi pada materi konsep energi dengan mengajak siswa untuk menkampanyekan pentingnya penghematan energi dengan membuat poster, pemanfaatan pokja bank sampah untuk mengajak siswa mengolah dan mendaur ulang sampah menjadi kerajinan maupun pupuk dalam materi pencemaran lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Moh. Rizky Perdanakyper1927@gmail.comD0A218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: adiwiyata; sumber belajar; IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Moh. Rizky Perdana Ardiansyah
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:07
Last Modified: 02 Nov 2022 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57722

Actions (login required)

View Item View Item