اقسام الخبر في كتاب آداب العالم والمتعلم للشيخ هاشم أشعري(دراسة نحوية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yudistira, Hazqial Ilham (2022) اقسام الخبر في كتاب آداب العالم والمتعلم للشيخ هاشم أشعري(دراسة نحوية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hazqial Ilham Yudistira_A01218012 Ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang jenis-jenis khobar di dalam kitab Âdâbul ‘Âlim wal Muta’allim. Kitab ini merupakan salah satu kitab akhlaq yang dikarang oleh Syekh Muhammad Hasyim Asy’ari bin Abdul wahid bin Abdul halim yang diselesaikan pada hari ahad 22,jumadil akhir tahun 1434 hijriyah. Peneliti memilih kitab ini sebagai objek, karena kitab ini membahas dasar ilmu akhlaq dalam mencari ilmu yang sering digunakan di beberapa pondok salaf, di kitab ini juga terdapat banyak khabar yang bisa di pelajari oleh santri yang ingin mempelajari khabar. Adapun metode yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif dengan mengambil data berupa macam-macam khobar pada kitab kitab Âdâbul ‘Âlim wal Muta’allim Li Hasyim Asy’ari. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori nahwu yaitu khobar. Khobar yaitu isim yang dibaca rofa’ yang disandarkan kepada mubtada’. Penelitian ini memberikan hasil sekaligus kesimpulan bahwa kitab Âdâbul ‘Âlim wal Muta’allim karya syekh Hasyim asy’ari ada 2 macam Khobar yaitu khabar mufrod adalah Khobar yang hanya berupa satu kalimat, bukan susunan jumlah atau syibhu al-jumlah. Kedua Khobar ghoiru mufrod adalah Khobar selain mufrod atau kebalikan dari mufrod yaitu Khobar jumlah atau khobar syibhu al-jumlah terdapat 113 khabar yang diklasifikasikan dalam 2 macam khabar yaitu 60 khabar mufrad berupa 11 jâmid dan 49 musytaq. Dan 53 khabar ghairu mufrad berupa 8 jumlah ismiyah, 25 jumlah fi’liyah, dan 20 syibhu al-jumlah berupa 15 jar majrur dan 5 dzaraf madzruf . sehingga keseluruhan Khobar dalam kitab Âdâbul ‘Âlim wal Muta’allim karya syekh Hasyim asy’ari 113 khobar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yudistira, Hazqial IlhamHazqiilham@gmail.comA01218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, NurUNSPECIFIED2020066401
Subjects: Bahasa Arab
Pesantren
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Khabar mufrad; khabar ghairu mufrad; Adabul ‘Alim wal Muta’allim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: hazqial ilham yudistira
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:36
Last Modified: 02 Nov 2022 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57793

Actions (login required)

View Item View Item