Penguatan etika Islam di era post-truth dalam akun instagram @gusmuschannel: perspektif teori semiotik Ferdinand De Saussure

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Agestya Aisyah (2022) Penguatan etika Islam di era post-truth dalam akun instagram @gusmuschannel: perspektif teori semiotik Ferdinand De Saussure. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agestya Aisyah Setiawan_E91218065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Etika dalam beragama sangat penting ditanamkan mengingat banyaknya problematika religiusitas yang gencar di ruang publik terutama pada media sosial. Kemajuan internet membentuk problematika tersebut memberi ruang kepada siapapun bebas berekspresi dalam mengolah sumber dan menjadi narasumber infomasi tertentu, Sehingga publik dengan bebas menyerap ambiguitas referensi dan sumber sebagai patokan informasi mereka. Hoax tampil dengan cara menggugah emosionalitas dan memamerkan sensasi dalam bentuk provokasi sehingga menarik perhatian publik. Penggunaan teknologi internet sebagai media dakwah virtual ditunjukan untuk mensosialisasikan ajaran Islam moderat atau Islam rahmatan lil ‘alamin, yang menyediakan keperluan informasi bagi umat muslim serta sebagai sarana penyeimbang Informasi yang bersifat liberal, radikal serta tendensius. Penelitian ini berusaha menganalisis wacana moderasi pada akun @gusmuschannel menggunakan teori semiotik Ferdinand De Saussure. Hal ini dimaksudkan bagaimana tanda postingan akun @gusmuschannel dapat di interpretasikan sebagai penguatan etika Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sertalibrary reaserch dalam menggali data dari sumber-sumber primer maupun sumber sekunder serta literatur lainnya yang masih berhubungan dengan penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif analitik yang sejalan dengan pendekatan semiotik. Penelitian ini menghasilkan bahwa Islam moderat yang ditampilkan oleh akun @gusmuschannel bersifat rahmatan lil alamin, berhubungan baik dengan Allah (habluminallah), berhubungan baik kepada sesama manusia (habluminannas) Serta dakwah yang baik adalah dakwah yang membawa kesejukan hati dan kedamaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Agestya Aisyahagestyaaisyah99@gmail.comE91218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Media Sosial
Etika
Keywords: Etika Islam; Semiotik Ferdinand De Saussure; Islam rahmatan lil alamin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Agestya Aisyah Setiawan
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:42
Last Modified: 07 Nov 2022 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57794

Actions (login required)

View Item View Item