Pengaruh promosi penjualan, atmosfer toko, motivasi belanja hedonis dan emosi positif terhadap pembelian impulsif dengan gender sebagai variabel moderasi: studi kasus alfamart kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Indah Rury (2022) Pengaruh promosi penjualan, atmosfer toko, motivasi belanja hedonis dan emosi positif terhadap pembelian impulsif dengan gender sebagai variabel moderasi: studi kasus alfamart kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Rury Agustin_G73218050.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Promosi Penjualan, Atmosfer Toko, Motivasi Belanja Hedonis dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Alfamart Kota Surabaya)” memiliki latar belakang terkait pergeseran aktivitas belanja masyarakat dari pembelian untuk pemenuhan kebutuhan dasar ke pemenuhan kepuasan emosional pribadi. Pemenuhan kepuasan emosional inilah yang menggeser perilaku konsumen dari pembelian terencana ke pembelian tidak terencana atau biasa disebut dengan pembelian impulsif. Hal ini ditandai dengan aktifitas berbelanja konsumen di tempat perbelanjaan yang kerap kali membeli barang melebihi barang yang sebelumnya telah direncanakan untuk dibeli. Penelitian ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai Pembelian Impulsif dan mengetahui pengaruh Promosi Penjualan, Atmosfer Toko, Motivasi Belanja Hedonis dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi pada konsumen Alfamart Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelatif yang diuji melalui SPSS, dengan menggunakan data primer berupa data hasil penyebaran kuisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 385 konsumen Alfamart Kota Surabaya dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis mengatakan bahwa Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis, Emosi Positif dan Gender secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif. Namun Atmosfer Toko tidak berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif. Pada uji moderasi, Gender tidak dapat memoderasi pengaruh antara Promosi Penjualan, Atmosfer Toko, Motivasi Belanja Hedonis maupun Emosi Positif terhadap Pembelian Impulsif konsumen Alfamart Kota Surabaya. Saran bagi Alfamart Kota Surabaya diharapkan melakukan penyempurnaan terkait variabel-variabel yang ada pada penelitian ini untuk meningkatkan pembelian impulsif konsumen. Misalnya dengan memperbanyak promosi penjualan yang menarik, mempernyaman gerai, melakukan penataan produk yang menarik, meningkatkan pelayanan agar lebih ramah dan tanggap, sehingga membuat konsumen tertarik untuk berkeliling dan mengeksplor tempat belanja lebih jauh lagi agar dapat memicu konsumen untuk melakukan pembelian lain yang tidak direncanakan sebelumnya dengan melakukan pembelian impulsif. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya dengan tema yang sama dianjurkan untuk enyempurnakan penelitian, misalnya dengan melakukan filter kuisioner agar responden yang mengisi tepat sasaran dengan kriteria penelitian, memperdalam pembahasan dengan mengaitkan dengan kenyataan yang ada di lapangan serta karakteristik reponden agar menghasilkan pembahasan yang lebih dalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Indah Ruryindahrurya99@gmail.comG73218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Gender
Pemasaran
Bisnis
Promosi
Keywords: pembelian impulsif; promosi penjualan; atmosfer toko; motivasi belanja hedonis; emosi positif; gender
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Indah Rury Agustin
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:07
Last Modified: 07 Nov 2022 06:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57813

Actions (login required)

View Item View Item