Pesan moral dalam film Sejuta Sayang Untuknya: studi analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianti, Cristina Eca (2022) Pesan moral dalam film Sejuta Sayang Untuknya: studi analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cristina Eca Yulianti_B01218009 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Film adalah tayangan yang terdiri dari adegan dan skenario, film berfungsi sebagai sarana dalam menyampaikan pesan. Film keluarga ini menceritakan tentang seorang ayah bernama Aktor Sagala dan putrinya yang bernama Gina. Sang ayah sangat menyayangi anaknya dan begitupun sebaliknya. Walau dengan perekonomian yang kurang baik, namun ia berharap anaknya bisa tumbuh dengan baik dan memiliki pendidikan yang tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana representasi peran moral dalam film Sejuta Sayang Untuknya. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis analisis semiotik model Roland Barthes. Penelitian ini menemukan temuan yaitu terdapat 10 pesan moral yang ada di film Sejuta Sayang Untuknya. Dan representasi pesan moral di dalam film ini adalah kerja keras seorang ayah yang mencari nafkah agar anaknya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi membuat anaknya terpacu untuk belajar dengan giat. Untuk penelitian selanjutnya, khususnya di bidang Komunikasi Penyiaran Islam diharapkan dapat memperluas aspek suatu tayangan baik dari segi nilai moral maupun nilai agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianti, Cristina Ecacristinabie17@gmail.comB01218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Film
Keywords: Pesan moral; film; analisis semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Cristina Eca Yulianti
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:59
Last Modified: 04 Nov 2022 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57847

Actions (login required)

View Item View Item