Stereotype netizen terhadap selebgram bercadar: studi analisis wacana kritis sara mills terhadap postingan selebgram bercadar pada akun @wardahmaulina

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Nur (2022) Stereotype netizen terhadap selebgram bercadar: studi analisis wacana kritis sara mills terhadap postingan selebgram bercadar pada akun @wardahmaulina. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aisyah_E91217102.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Aisyah_E91217102_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, alat komunikasi sekarang menjadi semakin cepat dan mudah karena adanya pengaruh dari media sosial. Media sosial merupakan media online untuk mendukung manusia melakukan interaksi sosial. Salah satu media sosial yang berkembang dan sangat populer saat ini yaitu Instagram. Instagram adalah media sosial yang digunakan untuk mengupload berbagi foto dan video. Instagram saat ini telah digunakan oleh berbagai kalangan, tidak terkecuali selebgram bercadar @wardahmaulina_. Postingan-postingan @wardahmaulina_ yang diunggah di Instagram menuai banyak komentar. Melihat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stereotypenetizen terhadap selebgram bercadar @wardahmaulina_ dengan mengkaji menggunakan analisis wacana kritis Sara Mills. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis isi dengan analisa berupa data naratif. Pendekatan teori yang digunakan penelitian ini yaitu dengan pendekatan analisis content dengan teori analisis wacana Sara Mills. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa 3 postingan yang diunggah akun selebgram bercadar @wardahmaulina_ di Instagram menuai banyak komentar dari netizenyang membentuk stereotype negatif. Stereotype yang dibentuk karena kurangnya pengetahuan sehingga termasuk stereotype hetereosterotype.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Nurnuraisyahais19@gmail.comE91217102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@gmail.com,2123017602
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Stereotype; netizen; selebgram; cadar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Aisyah
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:44
Last Modified: 05 Mar 2024 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57854

Actions (login required)

View Item View Item