القيم الدينية في الفيلم أويس القرني لأمير قويدل

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Khusnul (2022) القيم الدينية في الفيلم أويس القرني لأمير قويدل. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Khotimah_A71218053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nilai-Nilai Keagamaan dalam Film Uwais Al-Qarni Film Uwais Al-Qarni adalah film bergenre sejarah yang menggunakan bahasa Persia dan didubbing dengan bahasa Arab fusha. Film ini disutradai oleh Amir Ghavidel dengan panjang durasi 150 menit dan dirilis pada 15 Mei 2007 di negara Iran. Film ini bercerita tentang seorang tabi’in yang termashur bernama Uwais al-Qarni, seorang muslim dari negara Yaman bersama ibunya yang tua dan sakit. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah :1.) bagaimana kesimpulan kisah Uwais Al-Qarni ? dan2.) Apa saja macam-macam nilai keagamaan yang terdapat dalam film Uwais Al-Qarni ?. Adapun tujuan dari penelitian ini sendiri adalah :1.) Mengetahui kesimpulan kisah dari film Uwais Al￾Qarni dan 2.) Mengetahui macam nilai-nilai keagamaan dalam film Uwais Al￾Qarni. Metode pendekatan yang digunakan dalam film ini adalah metode deskriptif kualititaf dan pendekatan sastra. Sedangkan data yang ada berupa dialog dan adegan antar pemain dalam film Uwasi Al-Qarni. Hasil dalam penelitian terdapat 18 data yang terbagi menjadi dua hal, yaitu a) Ringkasan dari jalan cerita dalam Film Uwais Al-Qarni adalah Cerita film yang bercerita tentang kesulitan Uwais Al-Qarni untuk bertemu dengan Nabi Muhammad SAW sehingga film ini berlatar tentang jihad Nabi Muhammad dalam menyebarkan ajaran islam di masa permulaan munculnya Nabi Muhammad sebagai Nabi Ummiy dari suku Quraisy yang masyhur, dan film ini diakhiri dengan wafatnya Uwais Al-Qarni pada peristiwa perang Shiffin. b) Nilai-Nilai Keagamaan yang terbagi menjadi 2: Nilai Ilahiyyah terdapat 25 data (Nilai Iman (8), Nilai Islam (4), Nilai Ihsan (1), Nilai Taqwa (2), Nilai Ikhlas (1), Nilai Tawakkal (2), Nilai Syukur (1), dan Nilai Shabar (5)) dan Nilai Insaniyyah terdapat 27 data (Nilai Shilaturrahmi (12), Nilai Ukhuwwah (6), Nilai Musawah (2), Nilai ‘Adalah (1), Nilai Husnudzan (1), Nilai Tawadhu’ (1), Nilai Wafa’ (3), Nilai Insyirah (1), dan Nilai Amanah (1)).
Kata kunci : Film, Nilai-Nilai Keagamaan, Uwais Al-Qarni

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Khusnulhusnulkhowatimi176@gmail.comA71218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Adab
Keywords: film; nilai-nilai keislaman; Uwais al Qarni; Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khusnul Khotimah
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:09
Last Modified: 08 Nov 2022 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57867

Actions (login required)

View Item View Item