Pengembangan bahan ajar bahasa Arab dengan metode pembelajaran terpadu (Blended Learning) berbasis penerapan Mondly Arabic untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa kelas X SMA Darussalam Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujahadah, Arifatul (2022) Pengembangan bahan ajar bahasa Arab dengan metode pembelajaran terpadu (Blended Learning) berbasis penerapan Mondly Arabic untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa kelas X SMA Darussalam Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifatul Mujahadah_02040920010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahan ajar yang baik adalah yang didasarkan pada kebutuhan dan permasalahan siswa serta kesalahannya dalam berbahasa Arab. Maka peneliti ingin mendeskripsikan tujuan dari penelitian tersebut yang diantaranya yaitu untuk mengetahui pengembangkan bahan ajar bahasa arab dengan metode Blended Learning berbasis aplikasi “Mondly Arabic” SMA Darussalam Lamongan, kemudian penerapan bahan ajar bahasa arab dengan metode Blended Learning berbasis aplikasi “Mondly Arabic” SMA Darussalam Lamongan, dan seberapa efektif bahan ajar bahasa Arab yang dikembangkan dengan metode blended learning berbasis aplikasi “Mondly Arabic” SMA Darussalam Lamongan. Metode penelitian ini yaitu penelitian campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Dengan jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan atau R&D (Reseaech & Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation and Evaluate). adapun metode pengumpulan data yang digunakan seperti wawancara, observasi, dokumentasi, angket, pretest and postest. Peneliti menggunakan t test untuk mengetahui keefektifan bahan ajar tersebut. Peneliti menemukan hasil t0 lebih besar dari t t, artinya 9,4 lebih besar dari 2,064%. Maka, dapat diartikan bahwasanya Hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Hal ini juga diperkuat dengan hasil angket dan wawancara, sehingga menunjukkan pengembangan bahan ajar bahasa Arab tingkat lanjut berbasis aplikasi "Mondly Arabic" yang dikembangkan di SMA Darussalam adalah efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujahadah, Arifatulariev.annajaah@gmail.com02040920010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaedijunaedi@uinsby.ac.id2024126501
Thesis advisorTaufiq, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Bahasa Arab
Buku > Buku Harian
Metode Pembelajaran
Keywords: Pengembangan bahan ajar; aplikasi mondly arabic; keterampilan berbahasa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Arifatul Mujahadah mujahadah
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:41
Last Modified: 14 Dec 2022 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58166

Actions (login required)

View Item View Item