Kolaborasi guru pendidikan agama Islam dan bimbingan konseling dalam mengatasi kasus bullying di UPT SMPN 3 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaynuri, Achmad (2022) Kolaborasi guru pendidikan agama Islam dan bimbingan konseling dalam mengatasi kasus bullying di UPT SMPN 3 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Zaynuri_D91218113.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh berbagai kasus bullying yang terdapat pada peserta didik dan terbentuknya suatu peranan yang bagus yang itu dilaksanakan oleh ibu dan bapak guru dalam mengatasi permasalahan yang kini ditemukan dan dihadapi oleh peserta didik tersebut. Adapun yang diambil dalam rumusan penelitian ini yakni: (1) Bagaimana bentuk kasus bullying yang ada di UPT SMPN Gresik. (2) Bagaimana bentuk kolaborasi guru PAI dan BK dalam mengatasi kasus bullying di UPT SMPN 3 Gresik. (3) Bagaimana hasil kolaborasi guru PAI dan BK dalam mengatasi kasus bullying di UPT SMPN 3 Gresik. Kualitatif merupakan jenis penelitian dalam penelitian ini disertai pendekatan penelitian deskriptif. Adapun dalam peneltian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawacara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ditunjukkan hasil bahwa: Pertama, berbagai bentuk bullying yang masih terjadi pada UPT SMPN 3 Gresik. Bullying fisik berupa memukul dan mendorong. Untuk Bullying non-fisik verbal berupa memanggil temannya dengan menggunakan nama orang tuanya, menggosip, mengejek, mengolok-olok dan membentak. Sedangkan bentuk bullying non-verbal yakni berupa melemparkan barang korban ke teman pelaku bully dan korban diasingkan. Adapun Bullying psikologis atau mental dapat berupa membuat malu korban dan korban dibuat merasa dikucilkan. Kedua, bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh guru PAI dan BK dalam mengatasi kasus bullying di UPT SMPN 3 Gresik yakni dengan cara preventif (pencegahan) dan kuratif (penyelesaian masalah). Ketiga, hasil dari kolaborasi yang dilakukan oleh guru PAI dan BK dalam mengatasi kasus bullying di UPT SMPN 3 Gresik adalah dengan adanya kolaborasi tersebut perilaku bullying yang terdapat pada peserta didik lambat laun mengalami penurunan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaynuri, Achmadzaynuri86@gmail.comD91218113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Bimbingan Konseling
Kenakalan Anak dan Remaja
Pendidikan > Peran Guru
Keywords: Kolaborasi; Bullying
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Zaynuri
Date Deposited: 19 Nov 2022 11:07
Last Modified: 19 Nov 2022 11:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58191

Actions (login required)

View Item View Item