Analisis kualitas air dan daya tampung beban pencemaran sungai Kedurus Segmen Wiyung Kotamadya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiqurrahman, Ahmad (2022) Analisis kualitas air dan daya tampung beban pencemaran sungai Kedurus Segmen Wiyung Kotamadya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Taufiqurrahman_H05218005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sungai Kedurus merupakan salah satu sungai yang berada di kawasan pemukiman dan pertanian di kecamatan Wiyung Surabaya. Kegiatan di kawasan badan perairan seperti permukiman dan pertanian berdampak pada masuknya bahan pencemar ke aliran sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air, status mutu dan daya tampung beban pencemaran Sungai Kedurus Kecamatan Wiyung. Lokasi Titik pengambilan sampel pada penelitian ini dibagi menjadi tiga titik berdasarkan SNI 6989.57:2008. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif-kuantatif. Parameter yang diukur adalah Suhu, pH, TSS, TDS, DO, COD, BOD, Amonia, Deterjen, dan Total Coliform. Kualitas air Sungai Kedurus Segmen Wiyung Surabaya berdasarkan standar baku mutu air kelas II sesuai dengan PP No. 22 Tahun 2021. Titik 1, parameter TDS, BOD, COD, DO, Amoniak, dan Total Coliform telah melampaui Baku mutu. Pada Titik 2, parameter TDS, BOD, COD, DO,dan Amoniak telah melampaui baku mutu. Sementara di titik 3 parameter TDS, TSS,suhu, BOD, COD, DO, Amoniak, Deterjen dan Total Coliform telah melampaui baku mutu. Status mutu air yang ditentukan dengan metode Indeks Pencemar pada pengambilan sampel titik 1 ,2 dan 3 masing-masing berkategori “tercemar ringan”. Pada lokasi titik 1, parameter TDS, BOD, COD, Ammonia dan DO telah melebihi batas daya tampung beban pencemaran. Pada Titik 2, Parameter TDS, BOD, COD,DO dan Amonia telah melampaui batas daya tampung beban. Pada titik 3, seluruh Parameter TDS, TSS, BOD, COD, Amonia, Deterjen dan DO telah melebihi batas daya tampung beban pencemaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiqurrahman, Ahmadammar.arfano@gmail.comH05218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Teknik Lingkungan
Keywords: Beban pencemaran; sungai Kedurus; indeks pencemaran; neraca massa
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ahmad Taufiqurrahman
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:10
Last Modified: 18 Nov 2022 09:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58230

Actions (login required)

View Item View Item