Membangun ketahanan gizi berbasis komunitas di Dusun Kromong Desa Kromong Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggreanadie, Ade Cherry (2022) Membangun ketahanan gizi berbasis komunitas di Dusun Kromong Desa Kromong Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Cherry Anggreanadie_B52218030 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kelompok kader posyandu dijadikan sasaran dalam proses pemberdayaan komunitas. Dalam proses pemberdayaan yang dilakukan peneliti dengan merumuskan strategi yang akan dilakukan dalam mencapai tujuan yaitu membangun ketahanan gizi di Dusun Kromong. Menemukan hasil yang didapatkan selama penelitian berlangsung dan mampu mengaitkan penelitian yang dilaukan dengan dakwah bil hal. Pendapingan masyarakat yang dilakukan menggunakan metode pendekatan aset dan potensi berupa ABCD (Aset Bassed Community Development). Pada pendampingan pada kelompok berbasis aset ini menggunakan konsep half full half empety dalam arti setengah terisi lebih berarti. Pengumpulan data dilakukan dengan FGD dan wawancara partisipatif. Sasaran pendampingan adalah kelompok kader posyandu. Strategi yang digunakan dalam membangun ketahanan gizi berbasis komunitas dengan penyuluhan pemahaman gizi, pemanfaatan pekarangan dan lingkungan, membentuk struktur kepengurusan, serta mempererat hubungan antara kader posyandu dengan lembaga lain. Dengan pendampingan yang sudah dilakukan maka adanya perubahan terjadi yang disadari setelah diadakannya monitoring dan evaluasi program dengan teknik Most Significant Change.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggreanadie, Ade Cherryadecherryanggrea@gmail.comB52218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; gizi; pendekatan berbasis aset; tumpeng gizi seimbang
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ade Cherry Anggreanadie
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:11
Last Modified: 25 Nov 2022 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58254

Actions (login required)

View Item View Item