Upaya orang tua dalam menyukseskan program pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa Sekolah Dasar Negeri Ujung IX di era new normal Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Aida (2022) Upaya orang tua dalam menyukseskan program pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa Sekolah Dasar Negeri Ujung IX di era new normal Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Aida Fitria_I03218004.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang sebuah sistem pendidikan yang berjalan di antara transisi pandemi menuju new normal. Pembelajaran yang sedang berlangsung akan di pulihkan kembali seperti sediakala, yaitu pembelajaran tatap muka, sebelumnya masih menggunakan sistem daring. Kondisi seperti ini menuntut peran aktif pemerintah, pihak sekolah, siswa, juga sangat di butuhkan keterlibatan dari pihak orang tua. Peran orang tua sangat dibutuhkan, terutama ketika sekolah menerapklan sistem pembelajaran tatap muka terbatas. Bagaimana peran tersebut diwujudkan oleh orang tua siswa? Bagimana dengan hasil belajar siswa? Sudah tentu setiap orang tua memiliki kemampuan dan cara yang berbeda-beda, sehingga hasil belajar siswa juga berbeda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Teknik pegumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis fenomena yang terjadi, peneliti menggunakan perspektif teori Pengendalian Sosial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya Orang Tua pada anak ditunjukkan dengan selalu memberikan motivasi serta memberikan dukungan pada saat anak sedang melakukan kegiatan belajar dirumah maupun PTM terbatas, dan memberikan contoh untuk menggunakan masker sebelum berangkat sekolah serta membawa masker cadangan dan handsainitizer. (2) Hasil peningkatan belajar siswa dilihat dari segi pengetahuannya sangat rendah, jika dari segi keterampilannya siswa dapat dikatakan sangat meningkat ketika dilihat dari presentasi didepan kelas, sedangkan dari segi karakter para guru mendidik ulang mulai dari nol lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Aidaaidafitria0401@gmail.comI03218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Manajemen Strategi
Sosiologi
Orang tua dan Anak
Keywords: Pembelajaran tatap muka; new normal; SDN Ujung IX Surabaya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Aida Fitria
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:52
Last Modified: 22 Nov 2022 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58370

Actions (login required)

View Item View Item