Tinjauan hukum pidana Islam tentang perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban modus kejahatan child grooming oleh oknum guru di sekolah Surabaya (studi kasus di Polrestabes Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adilah, Farah Cindy (2022) Tinjauan hukum pidana Islam tentang perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban modus kejahatan child grooming oleh oknum guru di sekolah Surabaya (studi kasus di Polrestabes Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farah Cindy Adilah_C93218082.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Pidana Islam Tentang Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Modus Kejahatan Child Grooming oleh Oknum Guru di Sekolah Surabaya (Studi Kasus di Polrestabes Surabaya)” merupakan hasil penelitian lapangan yang dilakukan oleh penulis, untuk mengkaji dan menganalisis perlindungan hukum yang diberikan Polrestabes Surabaya kepada korban pelecehan seksual dengan modus kejahatan Child Grooming serta bagaimana hukuman yang diterima oleh pelaku. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer dengan menggunakan penelitian kualitatif, dimana penulis mengambil dari jurnal-jurnal dan skripsi lain sebagai sumber data sekunder, sedangkan sumber data primer penulis ambil dari hasil wawancara dari narasumber, bisa dilhat bahwa penelitian tersebut menggunakan pendekatan empiris yaitu bagaimana mengaplisikan hukum materiil di dalam kehidupan sehari-hari.Dari hasil penelitian bahwa bentuk perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban pelecehan seksual dengan modus child grooming adalah, perlindungan hukum preventif dan represif. Perlindungan represif yang dilakukan kepolisian jika berdasarkan pada hukum islam, menggunakan hukuman ta’zir dimana hukuman yang didapat oleh pelaku akan ditentukan oleh hakim, hal tersebut sesuai dengan yang ada disebutkan dalam al-Qur’ran dan Hadist, dimana anak berhak dilindungi dari kekerasan serta mendapat keadilan yang sama rata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adilah, Farah Cindyfarahcindy0210@gmail.comC93218082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbaidillah, HasanUNSPECIFIED2005117901
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Pidana
Hukum
Keywords: Perlindungan hukum; child grooming; guru; Surabaya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Farah Cindy
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:56
Last Modified: 29 Nov 2022 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58377

Actions (login required)

View Item View Item