Analisis epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunita, Rifi' (2021) Analisis epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifi' Yunita_D94214109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses kognisi ketika individu menghadapi masalah terdiri dari tiga level yaitu kognisi, metakognisi, dan epistemic cognition. Epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dipengaruhi oleh gaya kognitif. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 peserta didik kelas VIII-E MTsN Megaluh Jombang. Subjek terdiri dari 1 peserta didik dengan gaya kognitif reflektif dan 1 peserta didik dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes MFFT (Matching iFamiliar iFigure iTest), tes pemecahan masalah dan wawancara. Soal pemecahan masalah dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan dari analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Epistemic cognition peserta didik dengan gaya kognitif reflektif dalam memecahkan masalah matematika termasuk dalam level dominan rasional. (2) Epistemic cognition peserta didik dengan gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah matematika termasuk dalam level dominan rasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunita, Rifi'rifiyunita@gmail.comD94214109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaningwidayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Pendidikan > Matematika Realistik
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Epistemic cognition; pemecahan masalah; gaya kognitif reflektif; gaya kognitif impulsif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: rifi' yunita
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:32
Last Modified: 30 Dec 2022 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58511

Actions (login required)

View Item View Item