Membangun Gerakan "Babulik Ka Purun" Sebagai Upaya Pelestarian Kerajinan Anyaman Purun di Desa Haur Gading Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Waryuningsih, Setya (2022) Membangun Gerakan "Babulik Ka Purun" Sebagai Upaya Pelestarian Kerajinan Anyaman Purun di Desa Haur Gading Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Setya Waryuningsih_B72218085.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kerajinan anyaman purun merupakan kearifan lokal dari Desa Haur Gading. Kerajinan ini adalah produk khas Desa Haur Gading yang dibuat oleh para perempuan desa secara turun temurun. Namun di era kapitalisme saat ini, kerajinan anyaman purun mengalami kondisi penurunan peminat. Upaya pelestarian kerajinan anyaman purun perlu dilakukan untuk mengatasi kondisi tergerusnya kearifan lokal kerajinan anyaman purun. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Tahapan yang dilakukan adalah FGD (Focus Group Discussion) untuk perumusan masalah, merancang strategi, melakukan aksi gerakan hingga monitoring dan evaluasi.Strategi yang dilakukan dalam upaya pelestarian kerajinan anyaman purun adalah membangun gerakan “Babulik Ka Purun”. Adapun kegiatan dalam gerakan ini adalah edukasi, pendidikan menganyam purun, kampanye gerakan “Babulik Ka Purun”, pengembangan kapasitas melalui uji coba pembuatan inovasi produk dan advokasi kebijakan. Hasil dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk melestarikan kerajinan anyaman purun, terorganisirnya Pokmas Maju Bersama sebagai penggerak gerakan “Babulik Ka Purun” dan adanya keterlibatan pemerintah dalam mendukung gerakan “Babulik Ka Purun”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Waryuningsih, Setyasetyawaryuningsih@gmail.comB72218085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Bisnis
Keywords: Gerakan; Pelestarian; Kerajinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Setya Waryuningsih
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:41
Last Modified: 20 Dec 2022 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58523

Actions (login required)

View Item View Item