تحليل الأخطاء النطقية في قراءة أركان الصلاة القولية لدى طلاب مدرسة القرآن بلوس "الأمين" سورابايا (بحث في علم الأصوات)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Nur (2023) تحليل الأخطاء النطقية في قراءة أركان الصلاة القولية لدى طلاب مدرسة القرآن بلوس "الأمين" سورابايا (بحث في علم الأصوات). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Khasanah_A91219107 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Khasanah_A91219107 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja bentuk-bentuk kesalahan dalam membaca rukun sholat qouliyah (2) Apa saja penyebab kesalahan dalam membaca rukun sholat qouliyah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk kesalahan pelafalan dalam membaca rukun sholat qouliyah (2) Untuk mengetahui sebab-sebab kesalahan dalam membaca rukun sholat qouliyah. Objek kajian penelitian ini yaitu siswa TPQ Plus Al-Amin Surabaya. Sumber data penelitan ini berupa bacaan rukun sholat qouliyah siswa TPQ Plus Al-Amin Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Jenis penelitian ini adalah analisis kesalahan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan fonologis, terutama yang menyangkut kesalahan membaca (Discourse analysis). Temuan hasil penelitian ini yaitu (1) Bentuk kesalahan dalam membaca rukun sholat qouliyah yaitu penggantian huruf yaitu 13 kesalahan, penambahan huruf terdapat 3 kesalahan, pembuangan huruf terdapat 2 kesalahan. (2) Penyebab kesalahan dalam membaca rukun sholat qouliyah adalah kurangnya pemahaman dalam materi sebanyak 21 kesalahan, kurangnya pemahaman materi dan pengaruh bahasa ibu 20 kesalahan. Dengan demikian, peneliti memberikan saran untuk memperkecil jumlah siswa yang berada di kelas agar dapat meminimalisir kesalahan serta seringnya memberikan latihan kepada siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Nurnurkhasanah0512@gmail.comA91219107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorShodiq, Machfud Muhamadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Morfologi
Keywords: Analisis kesalahan; Kesalahan Pelafalan; Rukun Sholat Qouliyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Khasanah
Date Deposited: 20 Dec 2023 14:04
Last Modified: 20 Dec 2023 14:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59116

Actions (login required)

View Item View Item