Sindiran Tweeps terhadap Megawati dalam komentar twitter @areajulid pada kasus kelangkaan minyak goreng: kajian stilistika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningtyas, Gita Rosarum (2023) Sindiran Tweeps terhadap Megawati dalam komentar twitter @areajulid pada kasus kelangkaan minyak goreng: kajian stilistika. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gita Rosarum Ningtyas_A94219051 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan memaparkan bentuk dan fungsi gaya bahasa yang digunakan oleh tweeps pada postingan akun Area Julid mengenai ujaran Megawati pada potongan video Youtube yang dibawa ke media sosial Twitter. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu: (1) memaparkan bentuk gaya bahasa sindiran dan (2) mendeskripsikan fungsi gaya bahasa sindiran tweeps terhadap Megawati melalui komentar tweeps pada akun Area Julid (@areajulid). Penelitian tersebut berbentuk penelitian kualitatif-deskriptif dengan mengambil teori stilistika yang secara spesifik membahas mengenai gaya bahasa. Gaya bahasa yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah gaya bahasa sindiran. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode simak catat dan teknik purposive sampling. Data yang telah diperoleh, kemudian dikaji dengan menggunakan teori gaya bahasa berdasarkan definisi dari Gorys Keraf untuk memperoleh hasil. Data yang tersedia berjumlah 151 buah dari kumpulan akun Twitter yang berbeda pada postingan akun Area Julid (@areajulid). Penelitian yang telah dilakukan menunjukan hasil bahwa gaya bahasa yang digunakan yaitu ironi, sinisme, sarkasme dan innuendo, yang mana yang paling banyak dijumpai yaitu gaya bahasa sarkasme dengan fungsi untuk menyindir, mengkritik, memberikan informasi, dan mempengaruhi para tweeps yang lain mengenai hal yang dituturkan oleh Megawati mengenai minyak goreng. Selain itu pula, gaya bahasa dianalisis berdasarkan pembagian segmentasi topik yang mencakup 6 (enam), yaitu topik ibu rumah tangga, topik pedagang, topik presiden atau pejabat, topik anak presiden, topik rakyat, dan topik lain-lain (lansia, pola sehat, dan olah makanan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningtyas, Gita Rosarumrningtyas93@gmail.comA94219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anUNSPECIFIED195512121982031005
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiUNSPECIFIED198809212019032009
Subjects: Bahasa Indonesia
Media Sosial
Masalah sosial
Keywords: Gaya bahasa; gaya bahasa sindiran; Tweeps; twitter; Megawati
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Gita Rosarum Ningtyas
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:53
Last Modified: 24 Feb 2023 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59180

Actions (login required)

View Item View Item