Representasi pesan dakwah dalam film KKN di Desa Penari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Khoirotul (2023) Representasi pesan dakwah dalam film KKN di Desa Penari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirotul Nikmah_B01219023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi pesan dakwah dalam film KKN di desa penari. Peneliti mengidentifikasi pesan dakwah secara mendalam dengan menggunakan metode analisis teks media dan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui metode dokumentasi dan observasi kemudian dianalisis menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Charles Sanders pada model teorinya mengembangkan teori segi tiga makna (triangel meaning) yang terdiri atas tanda (sign), objek (object), dan interpretan (interpretant). Hasil analisis melalui model Charles Sanders Peirce ini ditemukan terdapat representasi pesan dakwah dalam tiga aspek. Pertama, Aspek akidah direpresentasikan dengan berdoa dan meminta perlindungan hanya kepada Allah, larangan bersekutu dengan jin, dan percaya hanya kepada Allah. Kedua, Aspek syariat direpresentasikan melalui adegan Nur yang taat dalam menjalankan ibadah, Nur yang melaksanakan perintah berhijab serta larangan berzina bagi yang bukan mahram. Ketiga, Aspek akhlak ini direpresentasikan dengan Nur yang mengutamakan tabayyun dan tidak berburuk sangka, Nur yang mampu menjaga aib orang lain, Menjaga etika berpaikaian, dan adab dalam berbicara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Khoirotulkhoirotulnikma.31299@gmail.comB01219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film
Keywords: Pesan dakwah; film KKN
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Khoirotul Nikmah
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:26
Last Modified: 27 Jun 2023 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59226

Actions (login required)

View Item View Item