Keanekaragaman capung (ordo: odonata) di kawasan aliran Sungai Pura Segara Kenjeran, Kelurahan Sukolilo, Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arianti, Okta Fina (2023) Keanekaragaman capung (ordo: odonata) di kawasan aliran Sungai Pura Segara Kenjeran, Kelurahan Sukolilo, Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Okta Fina Arianti_H71219029 OK.pdf

Download (595kB)
[img] Text
Okta Fina Arianti_H71219029 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Kawasan Aliran Sungai Pura Segara Kenjeran, Kelurahan Sukolilo, Kota Surabaya merupakan kawasan yang memiliki ekosistem air mengalir dan terdapat berbagai jenis vegetasi sehingga berpotensi menjadi habitat alami capung (Ordo Odonata). Capung termasuk serangga yang siklus hidupnya sebagian besar bergantung pada air. Keanekaragaman memiliki peran penting dalam ekosistem, yaitu sebagai bioindikator kualitas perairan di suatu lokasi, predator bagi serangga hama dan sektor penyakit. Penelitian mengenai keanekaragaman capung sangat penting untuk dilakukan khususnya di kawasan aliran sungai Kota Surabaya menjadi sangat penting karena mampu menjadi salah satu bahan referensi terkait keanekaragaman capung yang sangat sedikit. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jumlah spesies, keanekaragaman, kemerataan, dominansi dan frekuensi kehadiran capung di Kawasan Aliran Sungai Pura Segara Kenjeran, Kelurahan Sukolilo, Kota Surabaya. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode Visual Day Flying. Penelitian dilakukan pada tiga stasiun pengamatan selama bulan Oktober dan November 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan sebanyak 12 spesies dengan total sebanyak 1.561 individu dari 2 famili, yaitu Libellulidae dan Coenagrionidae. Nilai indeks keanekaragaman menunjukkan bahwa ketiga stasiun tergolong sedang, dimana pada Stasiun 3 memiliki indeks keanekaragaman tertinggi dengan nilai H’ = 1,70. Selanjutnya Indeks Kemerataan Simpson menunjukkan kemerataan tinggi, dimana pada Stasiun 2 dengan nilai indeks kemerataan tertinggi dengan nilai (E) = 0.75. Selanjutnya Indeks dominansi menunjukkan dalam kategori rendah, dimanapada Stasiun 1 dan 2 dengan nilai indeks dominansi tertinggi dengan nilai (D) = 0.26.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arianti, Okta Finafinaarianti6@gmail.comH71219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Serangga
Ekologi
Keywords: Keanekaragaman; Capung; Odonata; Kawasan Aliran Sungai; Pura Segara Kenjeran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Okta Fina Arianti
Date Deposited: 20 Dec 2023 14:15
Last Modified: 20 Dec 2023 14:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59252

Actions (login required)

View Item View Item