تطوير وسائل تعليم اللغة العربية على أساس تطبيق أي سبرينج (Ispiring) لترقية المهارات اللغوية لطلبة الصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Durrotul (2022) تطوير وسائل تعليم اللغة العربية على أساس تطبيق أي سبرينج (Ispiring) لترقية المهارات اللغوية لطلبة الصف الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durrotul Hasanah_02040920012.pdf

Download (5MB)

Abstract

.
Hipotesis penelitian ini bahwa: pengembangan sarana pengajaran Bahasa Arab berbasis Ispring ini akan meningkatkan kemampuan berbahasa dan memudahkan pengajaran Bahasa arab kepada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain dan efektiftas alat media Bahasa Arab berbasis Ispring untuk meningkatkan keterampilan berbahasa di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Adapun pendekatannya campuran antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dan jenis dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model yang digunakan untuk mengembangkan alat media yaitu ADDIE dengan lima Langkah berikut: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil Hipotesis penelitian ini bahwa: pengembangan sarana pengajaran Bahasa Arab berbasis Ispring ini akan meningkatkan kemampuan berbahasa dan memudahkan pengajaran Bahasa arab kepada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain dan efektiftas alat media Bahasa Arab berbasis Ispring untuk meningkatkan keterampilan berbahasa di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Adapun pendekatannya campuran antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dan jenis dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model yang digunakan untuk mengembangkan alat media yaitu ADDIE dengan lima Langkah berikut: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini validitas dari ahli materi dengan persentase sebesar %5,69, dan hasil penilaian dari ahli media sebesar %5,69. Jadi dari Thitung =0,0015, dan Ttabel = 1,31%, jika Thitung > dari Ttabel maka dengan demikian terdapat perbedaan anatara nilai pre test dan post test sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Durrotuldurrotul123@gmail.com02040920012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAkhmad Taufiq, Mirwanmirwan_at@yahoo.com2014038501
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Media pembelajaran; ispring; keterampilan bahasa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: durrotul hasanah
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:32
Last Modified: 23 Feb 2023 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59253

Actions (login required)

View Item View Item